Tips serta Resep Cumi Asam Manis Pedas Mantap

Resep cumi asam manis pedas di bawah ini bisa Anda coba untuk memuaskan dahaga Anda akan masakan seafood. Cumi memang salah satu seafood yang memiliki rasa khas dan menjadi favorit hampir semua orang.

Memasak cumi bisa dibilang hal yang sulit tapi bukan tidak mungkin untuk dicoba. Jadi Anda tidak perlu khawatir, dengan menyimak resep cumi di bawah ini Anda akan bisa memasak aneka olahan cumi yang asam, manis dan pedas. Yuk langsung saja disimak di bawah ini ulasannya.

Resep Cumi Asam Manis Pedas Mantap

Untuk membuat resep cumi asam manis pedas ada beberapa bahan wajib yang perlu siapkan. Di antaranya adalah cumi segar sebanyak 500 gram, 2 sdm perasan jeruk nipis, gula pasir, garam, dan kecap.

Siapkan juga bumbu-bumbu dapur seperti 2 batang serai, 5 siung bawang putih, 7 siung bawang merah, 1 bungkul bawah putih, daun bawang, cabe, tomat dan jahe. Bawang putih, bawang merah, cabe dan bungkul tipis bisa diiris tipis, tomat bisa dibelah dadu dan jahe bisa dimemarkan agar mudah meresap ke cumi.

Jangan lupakan juga minyak goreng secukupnya, saos pedas dan penyedap makanan. Setelah semua bahan siap tanpa terkecuali, maka pembuatan resep cumi asam pedas manis bisa dilakukan.

pickupimage.com

Langkah pertama mengupas kulit cumi dan membuang tinta yang ada di dalamnya. Pastikan tinta hilang seluruhnya, karena jika masih ada yang tersisa bisa membuat seluruh masakan terasa pahit. Jika cumi sudah dibersihkan dengan sempurna, maka selanjutnya cumi bisa dipotong bulat-bulat dan cuci kembali hingga bersih.

Langkah kedua adalah melumuri cumi yang sudah dipotong bulat-bulat dengan perasan jeruk nipis, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit. Jika 15 menit sudah berlalu, cumi bisa dibersihkan dengan air bersih lagi dan kemudian ditiriskan.

Langah selanjutnya adalah memanaskan minyak untuk menggoreng bawang merah, putih, bawang bombay, serai dan cabe. Tumis hingga mengeluarkan aroma yang harum. Setelah itu Anda bisa memasukkan cumi dan menumisnya. Masukkan juga daun bawang, potongan tomat, kecap, jahe, gula, garam, daun jeruk dan penyedap makanan.

Jangan lupa untuk menambahkan air secukupnya, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Masak selama 15 menit agar cumi matang dan bumbu meresap seluruhnya. Anda bisa menambahkan saos pedas sebanyak 2 sdm agar warna masakan lebih menarik. Selanjutnya cumi asam pedas manis siap untuk disajikan, nikmati dengan nasih hangat untuk kelezatan yang maksimal.

pickupimage.com

Tips Masak Cumi Agar Tidak Alot dan Amis

Anda sebal karena cumi masih saja amis padahal sudah dibersihkan dengan benar? Berarti Anda belum terlalu paham ilmunya. Untuk membersihkan bau amis pada cumi mudah saja, caranya bisa menggunakan parutan jahe, perasan jeruk nipis dan asam jawa.

Caranya adalah dengan melumuri cumi dengan salah satu bahan-bahan di atas dan diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit cumi harus dibersihkan kembali dengan air. Jangan sampai mendiamkan cumi dengan bahan-bahan di atas terlalu lama karena malah bisa menghilangkan aroma khas dari cumi.

Selain cara di atas, Anda juga bisa merendam cumi dalam air yang dicampur dengan susu tawar dan perasan jaruk nipis. Selain untuk menghilangkan bau amis pada cumi, cara ini juga untuk membuat cumi empuk dan tidak alot.

pickupimage.com

Tips Membersihkan Cumi yang Benar

Sebelum mempelajari aneka resep masakan cumi, Anda harus tahu tips membersihkan cumi yang benar. Jika Anda membersihkan cumi dengan asal-asalan, cumi malah akan berbau amis dan membuat masakan cumi tidak enak.

Untuk membersihkan cumi dengan benar sebelum dimasak atau disimpan mudah banget. Langkah pertama adalah dengan mencabut kantung tinta pada cumi, letaknya menempel pada tubuh bagian dalam.

Selanjutnya bersihkan tinta yang berada dalam tubuh cumi dengan hati-hati. Kalau tidak bisa-bisa tinta akan tercecer dan meluber ke dalam dagingnya, tentu hal ini harus Anda hindari karena dapat membuat cumi terasa pahit setelah dimasak.

Setelah tinta cumi selesai dibersihkan, selanjutnya Anda bisa mencabut tulang rawan yang berada di kulit bagian dalam cumi. Anda juga bisa menghilangkan kulit air cumi yang berwarna kemerahan dengan pisau. Ini jika Anda ingin membuat cumi kelihatan lebih menarik. Jangan lupa untuk mencuci cumi di air yang mengalir agar cumi benar-benar bersih dan siap diolah atau dimasak.

Demikianlah ulasan tentang tips dan resep cumi asam pedas manis yang mudah dan bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Untuk mendapatkan info menarik seputar resep dan hal lengkap terupdate lainnya, bisa langsung saja kunjungi site tipsberbagi.com yang sudah sangat terpercaya tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *