Macam-macam Aplikasi Youtube

Aplikasi khusus untuk berbagi video milik Google ini telah menyebar dan semakin banyak digunakan dari tahun ke tahun. Bahkan, Youtube menjadi salah satu penyedia video yang paling besar. Youtube tak hanya sekedar aplikasi untuk menonton, tapi juga menjadi sumber penghasilan bagi sebagian besar orang. Secara umum, orang hanya mengenal satu macam youtube saja. Padahal ternyata ada banyak sekali aplikasi Youtube. Kali ini akan dibahas mengenai maca-macam aplikasi Youtube.

Macam-macam Aplikasi Youtube     

Awalnya Youtube hanya sebuah situs, namun kini juga merambah ke aplikasi mobile. Mayoritas konten yang ada di Youtube diunggah oleh personal. Namun, kini banyak juga perusahaan yang menggunakan Youtube sebagai sarana untuk memasarkan atau sekedar branding. Dengan segala macam aplikasi Youtube, akses pun semakin mudah. Inilah macam-macam aplikasi Youtube yang bisa digunakan.

  1. Youtube

Inilah aplikasi yang terbilang dasar dan muncul di awal. Apa yang disuguhkand alam aplikasi ini merupakan fitur standar dari Youtube. Namun, fitur yang ada di aplikasi standar ini menjadi acuan dari aplikasi lain untuk berkembang lagi. Tentu pengalaman yang didapatkan melalui aplikasi ini merupakan aplikasi yang secara umum saja.

Melalui aplikasi Youtube yang standar, Anda bisa mengelola channel dengan peraturan Anda yang diselaraskan dengan kebijakan pihak Youtube. Anda bisa mengatur subscribe channel, menonton video dari channel lain, membuat playlist, menonton tayangan yang sedang live bahkan mengatur bagaimana komentar muncul di channel Anda. Anda juga bisa jual subscribers youtube untuk aplikasi.

  1. Youtube Kids

Khawatir dengan tayangan Youtube yang sangat beragam sedangkan di sekeliling Anda ada anak kecil yang gemar menonton video? Gunakan saja aplikasi Youtube Kids. Aplikasi ini dikhususkan untuk anak-anak sehingga Anda tak perlu lagi khawatir terkait dengan tayangan yang tidak diperuntukan untuk anak-anak.

Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2015 dan bisa digunakan di beberapa tipe ponsel. Saat ini, Youtube Kids bisa digunakan melalui Android serta iOS. Karena sasaran dari aplikasi ini adalah anak-anak, maka fitur yang ada pun diatur sedemikian rupa. Tidak ada beli subscriber youtube untuk channel di aplikasi ini.

Pilihan konten yang ada dikurasi dan control pun dipegang oleh orang tua. Filter dilakukan dengan menyeleksi video yang dianggap tidak sesuai dengan anak-anak. Fitur lainnya adalah adanya channel blocking, pelaporan video dengan level kecepatan yang baik dan profile untuk anak. Mayoritas video yang muncul di Youtube Kids merupakan video edukasi. Jadi, aplikasi satu ini sangat cocok untuk dijadikan platform pembelajaran.

  1. Youtube Creator Studio

Aplikasi satu ini dirancang untuk membantu para kreator untuk mengatur channel Youtube. Dengan adanya aplikasi ini, Anda bisa mengelola akun Youtube pribadi dalam penggunggahan maupun penerbitan konten video. Selain itu, Anda akan ditunjukkan bagaimana statistic dari channel, mulai jumlah pelanggan, penayangan maupun data lainnya.

Anda pun dapat memfilter serta merespon konten orang lain serta beli subscriber youtube. Berbagai pemberitahuan seperti penambahan thumbnail, pembaharuan dan lain sebagainya juga disediakan oleh aplikasi ini. Kelemahan dari aplikasi ini adalah tampilan mukanya kurang user friendly.

  1. Youtube TV

Jenis aplikasi youtube satu ini tak kalah menarik dengan aplikasi lainnya. Tidak banyak video youtube pada umumnya namun ada bisa menonton tayangan live Youtube. Untuk mengakses tayangan, Anda diharuskan untuk membayar sebesar Rp60.000 per bulan atau USD 40.

Dengan biaya tersebut, Anda bebas mendapatkan berbagai macam channel serta saluran TV kabel secara live. Anda juga akan mendapatkan tayangan ekslusif dari Youtube Originals. Namun, sayangnya tidak akses Youtube Premium di aplikasi satu ini.

  1. Youtube Go

Aplikasai gratis satu ini sangat layak untuk dicoba. Dengan Youtube Go, Anda bisa mengakses tayangan secara gratis. Youtube Go dikembangkan oleh Google dan saat ini masih dalam tahap pengembangan. Melalui Youtube Go, Anda bisa mengunduh video secara berkualitas dan menontonnya. Yang menarik, ada fitur untuk membagikan video kepada orang lain dengan mudah.

  1. Youtube Music

Ingin menonton video yang full dengan music? Coba saja Youtube music. Aplikasi satu ini dikembangkan khusus untuk streaming musik. Dengan kata lain, Youtube Music adalah aplikasi spin off dari Youtube yang hanya menampilkan video musik dan hal lain yang berhubungan dengan musik. Melalui aplikasi lain, Anda bisa membrowsing music berdasarkan playlist, rekomendasi serta genre.

Ada fitur premium dalam aplikasi ini dimana Anda bisa mendapatkan tayangan yang bebas iklan serta memutar video kapan saja tanpa harus membuka aplikasi. Bahkan, Anda bisa memainkan musik secara offline. Keuntungan lain dari berlangganan Youtube Music adalah adanya penawaran untuk Youtube Premium dan Google Play Music.

Saat ini, aplikasi Youtube Music belum banyak tersedia di banyak negara. Kini, Youtube Music bisa digunakan di Belgia, Austria, Kanada, Finlandia, Brasil, Prancis, Italia, Jerman dan Irlandia. Pengaksesan di negara lain masih terus dikembangkan demi layanan yang semakin berkualitas.

Itulah beberapa jenis aplikasi Youtube yang bisa digunakan. Anda bisa memilih aplikasi apapun yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan Anda menggunakan yang diperlukan saja, tidak perlu menginstal semua jenis aplikasi youtube. Selamat mencoba menonton Youtube dengan konsep yang baru.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *