Perbedaan Biografi dan Autobiografi yang Perlu Anda Ketahui

Untuk memahami cerita kehidupan seseorang seringkali Anda perlu mencari buku biografi atau autobiografi orang tersebut. Dari buku tersebut Anda akan mendapatkan informasi tentang cerita kehidupan dengan dalam dan proses yang dia alami sejak masa kecil hingga dewasa. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui perbedaan biografi dan autobiografi. Paling mendasar dari keduanya adalah penulisannya.

Pada dasarnya, biografi adalah cerita hidup tokoh atau seseorang yang ditulis oleh orang lain dengan. Pada autobiografi, metode penulisannya ditulis oleh diri sendiri atau bisa meminta bantuan orang lain dengan muatan berupa cerita hidup.

Biografi berarti bio, yaitu detail dari kehidupan seseorang yang ditulis atau dibuat oleh orang/penulis lain. Biografi bisa menceritakan informasi, seperti tempat lahir, asal, latar belakan pendidikan, pekerjaan, pencapaian, bahkan sampai kematiannya. Biografi ini menyediakan detail tentang kehidupan, baik ketika seseorang tersebut sukses maupun jatuh. Tidak hanya itu, Anda akan menemukan kepribadian seseorang bdari berbagai kondisi melalui biografi. Biasanya biografi ditulis ke dalam bentuk buku, namun ada beberapa orang yang menggunakan media lain, seperti komposisi musik maupun film.

Dalam membuat detail kehidupan seseorang, penulis harus mengumpulkan setiap detail perihal individu terkait melalui orang lain. Melalui biografi ini Anda akan melakukan wawancara kepada orang tua, anak, pasangan (suami/istri), teman, dan semua orang yang berhubungan dengan individu tersebut. Dalam biografi akan menghasilkan cerita yang kaya karena tidak hanya 1 sudut pandang saja melainkan kumpulan pendapat dari banyak orang.

Lain dengan autobiografi, yang merupakan gambaran tentang seseorang yang ditulis oleh diri sendiri. Arti kata auto, yaitu sendiri, sehingga autobiografi mencakup semua eleman biografi tetapi ditulis dan dinarasikan oleh diri sendiri. Penulis bisa menulis sendiri atau membayar ghostwriter untuk menuliskan mereka dengan tanpa kredit.

Izin

Selama membuat biografi kerap dibutuhkan sebuah izin agar penulis bisa mendapat akses lebih banyak ke orang-orang terdekat. Adanya izin menulis, maka penulis bisa mewancarai langsung orang tersebut, keluarga, pasangan, dan kerabat. Dan saat buku akan dirilis, penulis akan mendapat banyak kepercayaan karena buku yang dituliskan sudah mendapat izin karakter yang dituliskan.

Agar bisa mengerti tentang biodata dan cerita kehidupan seseorang seringkali orang akan membaca sebuah biografi maupun autobiografi. Berikut sudah kami tuliskan beberapa penjelasan tentang pengertian biografi dan autobiografi.

Biografi merupakan teks atau tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang. Biografi adalah bentuk atau riwayat kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain dan kerap mencakup nama orang tersebut, orang tua, alamat, peristiwa menarik dan penting, dan beberapa hal penting lainnya.

Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang mempunyai arti hidup dan graphien yang berarti tulis. Bisa diartika, bahwa biografi adalah tulisan yang berisikan tentang riwayat hidup seseorang. Teks biografi sendiri berisikan tentang kelebihan, kekurangan, maupun masalah yang ditulis oleh seseorang agar tokoh yang ditulis di dalam biografi bisa diteladani oleh banyak orang.

Beranjak ke autobiografi. Autobiografi disebut sebagai otobiografi yang merupakan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh diri sendiri tentang diri sendiri guna mengekspresikan perasan pribadi maupun untuk pencitraan.

Tujuan dari Biografi dan Autobiografi

Biografi dan autobiografi masing-masing mempunyai tujuan sama, yaitu menyampaikan informasi. Namun, autobiografi sering penulis menyampaikan emosi yang dia rasakan ketika melakukan cerita dari tulisan tersebut. Hal ini dipengaruhi oleh penulis mengingat dengan jelas dan pernah merasakan peristiwa tersebut serta penulis berkenan menyampaikan perasaan kepada pembaca melalui ceritanya.

Ciri-Ciri Teks Biografi

Pembahasan berikutnya adalah teks biografi yang mempunyai beberapa ciri dan karakter, antara lain:

  • Teks pada biografi berisikan informasi berdasarkan fakta yang ada dari tokoh tertentu.
  • Cerita berbentuk teks narasi.
  • Isi biografi merupakan sebuah fakta berdasarkan pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan beragam masalah hingga mencapai sukses pada masa sekarang. Dari biografi ini memungkinkan masyarakat lain menjadikannya sebagai panutan.
  • Struktur teks biografi jelas.

Jenis Teks Biografi

Berdasarkan sisi kepenulisannya, teks biografi terbagi menjadi dua jenis, antara lain:

  • Autobiografi sebagai bentuk atau riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh diri sendiri.
  • Biografi merupakan bentuk teks atau riwayat hidup yang ditulis oleh orang lain melalui beberapa metode, seperti wawancara.

Berdasarkan izin penulisan, biografi terbagi e dalam dua jenis, berikut sudah https://titikdua.net/ sampaikan:

·         Authorized biography adalah biografi yang mekanisme penulisan mendapatkan izin atau berdasarkan sepengetahuan tokoh yang akan ditulis tentang cerita hidupnya.

·         Unauthorized biography adalah biografi yang mekanisme penulisannya tanpa seizin dan sepengetahuan tokoh yang akan ditulis kisah hidupnya. Izin penulisan teks biografi ini digunakan kalau seseorang yang ingin ditulis telah wafat.

Terakhir adalah biografi berdasarkan isinya. Ada dua jenis isi teks biografi, antara lain:

  • Biografi perjalanan karir
  • Biografi perjalanan hidup

Kami harap setelah membaca perihal perbedaan biografi dan autobiografi serta beberapa ketentuannya meningkatkan pemahaman Anda. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar teman-teman Anda tidak lagi bingung dalam membedakan mana biografi dan mana autobiografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *