Belajar Sejarah dari Contoh Kerajinan dari Logam

Kerajinan logam atau sering disebut kriya logam adalah sebuah karya seni berupa barang-barang kerajinan yang memiliki fungsi guna dan estetis. Kerajinan yang terbuat dari bahan logam ini sudah ada sejak zaman dulu bahkan di zaman pra sejarah. Bahan atau material logam yang digunakan juga bermacam antara lain kuningan, tembaga atau aluminium.

Sedangkan cara atau teknik yang digunakan untuk menciptakan kerajinan logam yaitu dengan teknik las, cor, patri dan ketok. Dari bahan dan teknik yang digunakan, tercipta sebuah karya seni atau kerajinan yang berbentuk dua dimensi dan juga tiga dimensi. Saat ini, kerajinan dari bahan logam sudah banyak dibuat dengan berbagai macam teknik dan bantuan mesin sehingga menjadi lebih beragam.

Cara Membuat Kerajinan Logam Berdasarkan Bentuknya

pixabay.com

Kerajinan logam memiliki dua macam bentuk yaitu dua dimensi dan tiga dimensi dengan cara pembuatannya seperti berikut ini, antara lain:

Kerajinan Logam Dua Dimensi

Kerajinan logam dua dimensi adalah jenis kerajinan yang berbentuk seperti lukisan logam. Alat yang digunakan bermacam-macam, bisa menggunakan lembaran logam aluminium, kuningan, tembaga dan perak. Sedangkan untuk menggambar sketsanya menggunakan kertas HVS, lalu ditempelkan pada bahan logam yang digunakan.

Setelah itu, gunakan bolpoin bekas untuk menggambar pada bahan logam dengan cara ditekan mengikuti garis sketsa yang sudah dibuat. Hasilnya akan menyerupai relief karena muncul bagian yang timbul. Selanjutnya, lakukan proses finishing dengan menghaluskan permukaan logam yang digunakan.

Kerajinan Logam Tiga Dimensi

Kerajinan logam tiga dimensi adalah kerajinan yang memiliki dimensi ukuran panjang lebar dan tinggi. Untuk bahan atau material yang digunakan tergantung dari teknik apa yang digunakan untuk membuat kerajinan logam tersebut. Teknik pengecoran menggunakan material logam dengan cetakan berpola yang dibuat dengan melelehkan logam menggunakan tungku pembakaran. Setelah itu, ada alat untuk mengukir dan menghaluskan untuk proses finishing.

Sedangkan teknik lainnya disebut penempaan menggunakan alat tempa seperti palu, sarung tangan dan tungku pembakaran. Setelah itu, menggunakan alat untuk menghaluskan permukaannya atau disebut proses finishing.

Contoh Kerajinan dari Logam

pixabay.com

Kerajinan atau seni kriya yang terbuat dari logam ada banyak sekali macam dan bentuknya, bahkan hingga kini sudah lebih beragam. Pada zaman pra sejarah, seni ini sudah berkembang dan menghasilkan beberapa kerajinan logam yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya seperti Candrasa, Nekara, Moko, Kapak corong, Bejana, Topeng emas dan berbagai macam benda lainnya.

Sedangkan di bawah ini merupakan beberapa contoh seni kerajinan logam yang banyak dijual di pasaran, antara lain:

  • Seni kerajinan uang kepeng atau seni merangkai uang dari Bali
  • Seni kerajinan patung untuk berbagai macam bentuk dan fungsi
  • Seni kerajinan pisau yang memiliki nilai fungsi dan sangat berguna untuk aktivitas sehari-hari dengan ciri yang khas di masing-masing daerah
  • Kerajinan vas bunga yang biasanya terbuat dari bahan kuningan dan memiliki nilai fungsi dan estetis

Selain itu, masih banyak contoh lain dari hasil kerajinan bahan logam yang tersebar luas dijual di pasaran. Kerajinan logam tersebut sudah sangat berkembang dengan berbagai macam bentuk dan motif dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda pada teknik pembuatannya. Di zaman modern, kerajinan bahan logam sudah banyak yang beralih sebagai nilai fungsi saja seperti di bawah ini, antara lain:

  • Spare part kendaraan bermotor dengan bahan logam yang berhasil menciptakan berbagai macam bagian motor dengan fungsi yang berbeda-beda
  • Perabot rumah tangga yang menggunakan bahan logam aluminium, besi atau tembaga seperti wajan, panci, sendok dan berbagai macam benda lainnya
  • Material atau barang bernilai fungsi untuk bangunan/rumah seperti pagar dan teralisrumah

Saat ini, seni kerajinan tembaga kuningan juga sangat populer dan banyak dicari oleh masyarakat. Kerajinan yang terbuat dari bahan kuningan umumnya merupakan kerajinan untuk pajangan yang bernilai estetis, namun banyak juga yang bernilai fungsi. Berikut ini beberapa contoh hasil kerajinan dari bahan logam kuningan yang bernila fungsi, antara lain:

  • Bak mandi menyerupai bath up yang terkesan klasik
  • Cermin untuk hiasan dinding
  • Kaligrafi atau lukisan timbul yang memberi kesan mewah
  • Kubah masjid dengan desain custom
  • Lampu untuk hiasan seperti lampu gantung atau lampu duduk
  • Meja hias yang juga bisa difungsikan sebagaimana fungsinya di ruang tamu, ruang keluarga atau di sudut ruangan
  • Vas bunga untuk fungsi estetis maupun ditaruh bunga di dalamnya
  • Wastafel dengan berbagai macam bentuk yang unik

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang kerajinan yang terbuat dari bahan logam dengan berbagai macam teknik pembuatannya. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *