Cara Menanam Ketela Pohon Agar Hasil Maksimal

Ketela pohon atau yang dikenal dengan singkong, merupakan salah satu keluarga umbi-umbian. Artinya, buah dari tanaman ini berada pada bagian akar yang mengembang menjadi buah. Memiliki kandungan utama karbohidrat. Sehingga, dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Oleh karena itu, banyak sekali dilakukan pembudidayaannya. Berikut cara menanam ketela pohon agar hasil maskimal.

Cara Menanam Ketela Pohon

  1. Ketahui Musim

Sebelum menanam ketela pohon, sebaiknya ketahui terlebih dahulu musim. Untuk menanam ketela pohon agar hasil maksimal, sebaiknya menanamnya saat musim hujan tiba atau setelah memanen padi. Hal ini agar tanah mengandung cukup air dan tanaman dapat tumbuh dengan baik.

  1. Jarak Tanam

Jarak tanam amat mempengaruhi hasilnya. Sebelum membuat jaraknya, ketahui terlebih dahulu jenis ketela pohon yang akan ditanam. Ketela yang memiliki tajuk yang panjang, maka jarak tanamnya lebar. Begitu pula sebaliknya. Faktor lain adalah kesuburan tanah. Semakin tanahnya subur, maka jarak tanamnya pun semakin jauh agar hasil yang didapatkan maksimal.

  1. Cara Menanam

Bibit yang telah didapatkan kemudian disiapkan terlebih dahulu. Runcingkan bagian bawahnya untuk mempermudah menanam. Sebelum ditanam, bibit direndam dalam pupuk organik untuk memberi nutrisi awal dan mempercepat pertumbuhannya. Setelah siap, kemudian tanam bibit dengan kedalaman 1/3 bagian batang agar tidak mudah tumbang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *