Ketahui Jenis Jamur Orange atau Orange mold

Jamur memiliki beragam warna yang dapat mendeskrispsikan bagaimana tingkat bahaya jamur tersebut dampaknya bagi kesehatan manusia, macam-macam warna jamur antara lain jamur hitam, jamur coklat, jamur hijau, jamur kuning, jamur putih hingga jamur orange. Semua warna jamur ini berbahaya dan tidak baik untuk kesehatan manusia baik itu jamur dengan tipe A, B maupun C. warna pada jamur juga kerap dibandingkan antara mold vs mildew karena keduanya sama-sama merupakan jamur namun berbeda dalam hal tempat berkembangnya dan jenisnya tapi untuk warnanya kedua memiliki warna yang mirip-mirip atau hampir sama.

Mengenal jamur orange

Jamur orange atau orange mold masuk ke dalam jamur yang memiliki tingkat bahaya sedang dan masuk ke jamur tipe B, karakteristik jamur ini adalah berwarna orange dan dan dapat hidup tumbuh dan berkembang di ruangan yang kotor, ruangan yang lembab, kurang ventilasi atau kurang sinar matahari dan tempat yang tidak terawat atau jarang di bersihkan dan pastinya lebih sering tumbuh di dinding atau tembok serta permukaan-permukaan lainnya yang rentan terkena serangan jamur seperti lantai dapur, lantai kamar mandi, lantai gudang bahkan hingga tembok di luar ruangan pun bisa di tumbuhi oleh orangen mold atau jamur orange ini.

pixabay.com

Dampak orange mold atau jamur orange bagi kesehatan

Karena masuk ke dalam kategori jamur sedang dan masuk ke daam kategori jamur type B maka jamur ini bisa di bilang cukup membahayakan bagi manusia, dampak yang di timbulkan ketika kita terlalu sering berada di dalam ruangan yang di tumbuhi jamur orange atau orange mold adalah ketika kita menghirup nafas maka jamur tersebut akan ikut masuk terhidrup bersamaan dengan udara yang kita hirup, hal ini dapat menyebabkan seseorang terkena infeksi pada saluran pernafasan dan berbagai penyakit yang menyerang sistem pernafasan seperti batuk, radang sinusitis, bunyi saat bernafas bahkan jika seseorang yang sensitive bisa terserang jamur pada paru-parunya.

Dengan dampak yang serius bagi kesehatan itulah maka kita harus waspada terhadap segala jenis jamur yang tumbuh di dalam rumah atau yang berada di ruangan di rumah anda. menjaga kebersihan adalah faktor utama untuk menghindari jamur tumbuh dan berkembang di rumah anda, sehingga dengan menjaga kebersihan maka jamur tidak akan tumbuh di rumah anda dan keluarga anda akan terbebas dari penyakit yang di sebabkan oleh jamur.

pixabay.com

Cara mengatasi dinding yang terkena jamur

Jika dinding rumah anda sudah terlanjur di tumbuhi oleh jamur, termasuk jamur orange ini salah satunya maka dinding rumah anda harus segera di bersihkan dan di atasi dengan serius agar jamur tersebut hilang dan tak tumbuh kembali. Untuk itu anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasi dinding yang di tumbuhi oleh jamur yang tidak baik bagi kesehatan anda dan keluarga anda.

Anda bisa menggunakan amplas untuk menghilangkan jamur yang tumbuh dan membandel di dinding, gosok jamur tersebut menggunakan amplas hingga bersih dan berpori untuk mengeluarkan uap air yang terdapat pada dinding tersebut dan menghilangkan jamur, setelah itu anda bisa membersihkan menggunakan klorin dan cat ulang kembali tembok tersebut. perlu di ingat jika sebelum mengecat ulang maka anda harus mengecat dulu dengan cat jenis waterproof setelah cat waterproof kering maka anda bisa menggunakan cat biasa.

pixabay.com

Tips untuk mencegah dinding kembali berjamur

Setelah anda membersihkan jamur pada dinding anda dan kemudian di cat kembali, maka harapan anda pastinya menginginkan jamur tidak tumbuh kembali bukan? Untuk mengatasi jamur tumbuh kembali, berikut tips-tips yang perlu anda perhatikan.

  • Perbaiki saluran air di rumah anda, seperti talang di genteng agar tidak merembes ke dinding dan menyebabkan dinding basah dan lembab yang dapat menyebabkan jamur tumbuh di dinding
  • Pastikan bahwa cat yang anda gunakan adalah cat anti air dan cat anti jamur, sebelum mengecat lebih baik anda pilih cat anti air dan cat anti jamur untuk keseluruhan ruangan di rumah anda agar terhindar dari jamur yang tumbuh nantinya.
  • Beli produk anti jamur untuk menyemprot dinding anda secara berkala, dengan sering di semprot dengan larutan anti jamur maka kecil kemungkinan untuk jamur tumbuh kembali.
  • Atur suhu ruangan anda dengan dehumidifier agar ruangan anda tetap terjaga kelembabannya seimbang sehingga jamur tidak akan tumbuh di rumah anda.
  • Pastikan agar tempat-tempat di rumah anda selalu kering dan tidak lembab contohnya seperti kamar mandi dan dapur dengan adanya sirkulasi udara yang lancar dan sinar matahari yang cukup.
  • Segera keringkan handuk dan tirai di kamar mandi anda
  • Tangani sesegera mungkin jika terjadi kebocoran di rumah anda apalagi jika saluran pipa air tersebut berada tertanam di balik tembok.

Itulah ulasan mengenai jamur orange atau orange mold beserta dengan cara mengatasi serta tips-tips yang perlu anda lakukan agar jamur orange atau orange mold tidak kembali tumbuh di rumah anda karena jenis jamur ini merupakan jamur yang sangat mudah berkembang jika tidak segera di atasi atau jika tidak di atasi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *