Liburan Ke Aceh Jangan Lupa Membeli Oleh – Oleh Khas Aceh Ini

Banda Aceh atau lebih dikenal dengan sebutan serambi mekah, yang mana memiliki banyak sejarah akan perkembangan dan masuknya Agama Islam ke Nusantara. Tidak hanya sejarahnya yang terkenal, namun provinsi paling barat Indonesia ini juga kerap kali dijadikan destinasi liburan dan banyak juga oleh – oleh khas yang hanya ada di Aceh.

Kopi Aceh

Aceh sudah dikenal sejak dahulu karena memiliki hasil kopi yang sangat baik, bahkan banyak sekali warung kopi yang dapat kalian jumpai bila berkunjung ke kota yang memiliki sebutan serambi mekah tersebut. Ada berbagai jenis kopi yang bisa dinikmati, namun yang paling terkenal adalah kopi Gayo, atau Aceh Gayo yang mana menjadi oleh – oleh yang paling wajib dibeli ketika berkunjung ke Banda Aceh.

Makanan Khas Aceh

Selain kopi aceh yang kerap dijadikan sebagai oleh – oleh, ada banyak juga makanan maupun kue khas Aceh dan tentunya memiliki cita rasa yang sangat khas. Bakpia tidak hanya ditemukan sebagai oleh – oleh jojga, namun di Aceh sendiri memiliki bakpia dengan rasa dan ciri khasnya sendiri yang pasti berbeda dengan bakpia dari daerah lainnya.

Selain itu ada juga kue Bhoi, yang merupakan kue khas aceh yang memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari bunga, ikan dan berbagai macam bentuk lainnya. Kue yang satu ini selalu ada saat ada acara penting bagi masyarakay Aceh dan untuk membuatnya diperlukan tekhnik khusus yang tidak sembarang orang bisa membuatnya.

Souvenir Khas Aceh

Berbagai macam souvenir bisa ditemukan ditoko – toko yang ada banyak diseluruh Aceh, salah satu souvenir yang tidak boleh ketinggalan adalah bros yang mana memiliki bentuk yang tidak dapat ditemukan ditempat lain di luar Aceh.

Ija Kroeng merupakan sarung khas aceh yang sudah ada sejak jaman kerajaan Aceh. Sebagai salam satu kota islam tertua di Indonesia tentunya penggunaan sarung sudah sangat umum, dan bahkan Ija Kroeng kerap digunakan diberbagai event tanpa memandang gender, usia dan bahkan kasta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *