Biaya dan Harga Panel Surya 5000 watt  Terbaru

Pada jaman yang sudah maju seperti saat ini keberadaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) mulai digencarkan untuk menggantinkan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) atau pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Listrik tenaga surya dikenal lebih effisien dan ekonomis dalam pelaksanaannya ketimbang menggunakan pembangkit listrik tenaga air atau pembangkit listrik tenaga uap.

Seperti kebanyakan negara maju di luar sana, mereka tengah melakukan berbagai macam inovasi guna mengembangkan listrik bertenaga surya yang dapat digunakan untuk berbagai macam aspek kehidupan. Untuk di indonesia sendiri, penggunaan listrik tenaga surya belum begitu populer, tetapi sudah terdapat cukup banyak rumah atau gedung yang memanfaatkan tenaga surya sebagai sumber daya listrik mereka.

Penggunaan listrik tenaga surya dikenal lebih ekonomis, karena tidak memerlukan bahan yang terbuat dari fosil sebagai penggerak listriknya melainkan cukup mengandalkan panas tenaga matahari untuk kemudian dikonversikan menjadi sebuah aliran listrik. Namun tetap saja PLN akan mengontrol penggunaan listrik tenaga surya kalian setiap bulannya, karena PLN sendiri juga telah mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya di indonesia.

Selain itu penggunaan listrik tenaga surya juga merupakan langkah yang tepat untuk menghentikan pencemaran lingkungan dan pengrusakan ekosistem hidup. Karena penggunaan solar cell ini tidak akan merusak lingkungan dan tidak akan mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Karena solar cell ini sifatnya adalah tetap, selain itu solar cell tidak mengandung gas efek rumah kaca sehingga aman untuk di gunakan.

unsplash.com

Kelebihan Panel Surya

Ada beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan apabila kalian menggunakan solar cell ini. Beberapa keuntungan tersebut diantaranya adalah.

1. Ramah lingkungan

Seperti yang sudah saya bahas tadi, bahwa solar cell ini sangatlah ramah lingkungan dan tidak memberikan efek yang terlalu besar terhadap kerusakan lingkungan. Karena solar cell terbuat dari bahan bahan yang tidak mengandung gas efek rumah kaca sehingga penggunaanya sangatlah aman.

2. Tahan dalam jangka waktu lama

Solar cell ini memiliki masa penggunaan yang lama yaitu sekitar 30 tahun masa penggunaan. Jadi akan menghemat pengeluaran untuk pembayaran listrik kalian karena solar cell ini sedikit lebih murah dari listrik biasanya. Dengan kualitas yang ada dan tidak mudah rusak, membuat solar celk ini kian hari kian ramai yang menggunakannya.

unsplash.com

3. Efisiensi yang lama

Walaupun sudah digunakan sangat lama bahkan hingga 10 tahun lamanya, solar cell tetap berfungsi sama seperti pada saat pertama digunakan. Hal ini disebabkan karena solar cell memiliki efisiensi yang mampu bertahan hingga 20 tahun lamanya. Sangatlah lama bukan untuk kalian yang suka berhemat sangat dianjurkan untuk memasang solar panel ini.

Jika kalian hendak membeli sebuah solar panel, maka kalian harus ketahui terlebih dahulu seberapa banyak nantinya yang akan kalian gunakan dalam kegiatan sehari hari. Karena ada beberapa macam jenis solar cell yang tersedia, tentunya dalam berbagai macam jumlah daya tampung yang dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian nantinya. Jika kalian menginginkan rumah kalian teraliri tenaga surya sepenuhnya, maka kalian bisa menggunakan solar cell berdaya tampung 5000 hingga 10000 watt. Untuk selengkapnya akan saya bahas berikut ini.

Daftar Harga Panel Surya 5000 Watt Terbaru

Untuk kalian yang ingi mengetahui biaya dan harga panel surya 5000 watt terbaru, silahkan simak penjelasan berikut :

Pemasangan atap solar panel 5500 VA sistem Grid Tie dengan EXIM tanpa baterai

Jika kalian ingin menggunakan sistem ini, maka kalian harus memasang panel surya kalian yang harus tetap terkoneksi dengan jaringan PLN. Hal ini disebabkan karena listrik tenaga surya harus tetap tersinkronasikan dengan listrik PLN agar mampu bekerja dengan maksimal. Jika kalian memasang dengan cara ini maka besar daya listrik yang kalian peroleh tidak akan sampai 5500 va, melainkan 5400 va atau kurang.

Untuk biaya pemasangan atap solar panel berdaya 5500 va, dikenai biaya mulai dari Rp.85.000.000 untuk per 5000 wp. Sedangkan untuk biaya perlengkapan dan pemasangan dikenai biaya sebesar Rp.35.000.000, harga tersebut dapat berubah sesuai dengan lokasi atau perizinan dan biaya operasional lainnya.

unsplash.com

Pemasangan atap solar panel 5500 VA sistem Grid Tie dengan EXIM tanpa baterai

Hampir sama dengan cara yang di atas, untuk cara pemasangan yang satu ini hanya berbeda dengan penambahan baterai saja. Baterai ini berfungsi sebagai cadangan daya apabila sewaktu waktu terjadi pemadaman listrik. Sehingga sangat cocok untuk kalian gunakan pada wilayah yang sering mengalami pemadaman listrik.

Cadangan daya yang dihasilkan bisa mencapai 1000 watt perjamnya dengan asumsi biaya tambahan sebesar Rp.500.000. Jika kalian ingin menambah cadangan dayanya, kalian bisa menambah hingga 5000 watt perjamnya. Sehingga menjamin jika terjadi pemadaman listrik seharian penuh oleh PLN.

Biaya Pemasangan solar panel 5500 VA

Dengan detailnya totalnya sebagai berikut :

Hybrid paralalel PLN

Sistem ini bisa bekerja atau tidak bekerja dengan PLN. Dengan asumsi cadangan daya sebesar 5500 va dengan biaya Rp.245.000.000 untuk per 4 jamnya. Jika kalian masih ingin menambah daya cadangan lagi, maka kalian bisa memilih dua opsi berikut ini.

1. Menambah daya baterai

Jika wilayah kalian sering mengalami pemadaman listrik maka kalian bisa menggunakan cara yang satu ini dengan menambah daya baterai, dengan biaya mulai dari Rp.15.000.000

2. Menambah daya baterai dan kapasitas solar panel

Jika wilayah kalian sangat sulit untuk mendapatkan akses listrik PLN dan sering menggunakan gengset, maka cara ini dapat kalian pilih dengan harga awal sebesar Rp.245.000.000 untuk setiap penambahan per 4 jamnya. Harga tersebut bukanlah sebuah harga yang mengikat, dan bisa saja berubah kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *