Selain Google Image, Google Akan Meluncurkan Fitur Pencari Gambar Menggunakan Screenshot

Sebelum mengulas lebih jauh, sudah tahukah Anda apa itu Google Image? Sederhananya ini merupakan layanan pencarian yang diciptakan oleh Google. Layanan ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada Juli 2001. Dengan menggunakan layanan ini, para pengguna bisa mencari konten gambar di website.

Kata kunci pencarian gambarnya sendiri berdasarkan pada nama berkas gambar, teks tautan yang mengacu pada gambar, dan teks di dekat gambar. Artinya kata kunci untuk pencarian gambar tersebut tidak harus sama persis dengan nama gambar itu sendiri.

Jadi selain dengan menggunakan kata-kata, kalimat, maupun suara, Google juga menyediakan layanan pencarian sebuah gambar. Sebuah layanan yang sudah terbukti sangat bermanfaat. Kenapa demikian?

Siapapun pastinya sepakat jika dunia saat ini tidak bisa lepas dari yang namanya internet. Namun sayangnya cukup banyak oknum yang menyalahgunakan internet tersebut. Contoh sederhananya adalah penipuan.

Jika Anda perhatikan, banyak oknum nakal yang sering melakukan penipuan dengan cara membuat akun palsu. Sebenarnya dengan bantuan Google Image, apakah gambar tersebut memang asli ataukah palsu bisa dilacak dengan mudah dan cepat.

Pencarian Dengan Google Image

pexels.com

Adanya fitur seperti ini sebenarnya memiliki dampak yang sangat positif. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh para pengguna Google di seluruh penjuru dunia. Berbicara terkait dengan manfaat yang bisa didapatkan, di bawah ini adalah sekilas apa saja yang bisa didapatkan oleh para user ketika menggunakan salah satu fitur andalan dari Google ini.

  1. Anda bisa sebebas-bebasnya menikmati layanan mencari gambar. Selain itu Anda dimungkinkan untuk mengecek hasil uploud gambar yang baru saja Anda lakukan.
  2. Anda juga dimungkinkan untuk tahu siapa saja yang sudah menggunakan image url yang sudah Anda uploud. Selain itu dengan adanya layanan ini, akan semakin mudah dalam hal pengoperasian image yang ada.

Google Akan Rilis Smart Screenshot

Saat ini berbagai macam terobosan dan inovasi bidang teknologi tidak bisa terhindarkan lagi. Seolah, para pemangku kepentingan di bidang teknologi tengah berlomba untuk menciptakan teknologi yang bisa membuat manusia semakin dimanjakan.

Sebenarnya tidak perlu jauh-jauh, contoh sederhananya adalah promo paket internet yang dilakukan oleh operator telekomunikasi. Seolah setiap harinya selalu ada promo baru yang siap menggoda para pelanggannya. Salah satu contoh yang paling baru adalah promo paket internet Videomax.

Kembali lagi ke pokok pembahasan. Ada satu lagi fitur dari Google yang akan semakin membuat lebih mudah saat ingin mencari foto atau gambar tertentu. Dengan adanya fitur bernama Smart Screenshot atau hasil tangkap layar ini, user bisa melakukan pencarian menggunakan hasil tangkap layar. Namun jika berminat, Anda harus memiliki aplikasi Google Lens terlebih dahulu.

Sejauh ini, Screenshot hanya dimanfaatkan untuk dokumentasi pribadi atau dishare ke orang lain. Namun dengan adanya fitur Smart Screenshot ini, hasil tangkap layar akan memiliki fungsi lebih canggih lagi. Kenapa?

Sebab fitur ini diklaim memiliki kemampuan untuk mencari informasi yang tertera di hasil tangkap layar yang sudah Anda lakukan. Bahkan bukan hanya sekedar gambar maupun foto sejenis saja.

Artinya kemampuan dari Fitur Smart Screenshot dalam pencarian gambar tidak ada bedanya dengan Google Image. Meskipun demikian, secara keseluruhan kemampuan mencari gambar maupun foto di Google Image diklaim masih yang terbaik hingga saat ini.

Cara Menggunakan Fitur Smart Screenshot

pexels.com

Mengenai cara penggunaan fitur smart screenshot, sebenarnya tidak ada bedanya dengan saat menggunakan screenshot pada umumnya. Artinya para pengguna bisa mengambil screenshot dari ponselnya lalu melakukan editing dan berbagi.

Pada Smart Screenshoot ini, user bisa membagikan hasil tangkapan layar ke Google Lens. Kemudian setelah memilih Google Lens untuk berbagi hasil screenshot-nya, user bisa melakukan berbagai hal terkait dengan pencarian. Misalnya saja seperti OPC (Optical Character Recognition) atau menemukan item yang ada kemiripan secara visual.

Kemudian terkait dengan fitur editing seperti halnya annotating, cropping, dan sharing editing, kemungkinan besar tetap disediakan di Google Lens. Yang masih menjadi pertanyaan hingga saat ini apakah Smart Screenshot ini berfungsi untuk semua sreenshot atau hasil tangkap layar yang diambil dari Google Search saja.

Bagi yang penasaran, Fitur Smart Scrernshot kini sudah dikembangkan dan akan hadir di aplikasi Google terbaru dengan nomor versi 10.61. Sayangnya belum ada kepastian apakah fitur ini akan tersedia luas untuk para pengguna smartphone berbasis Android ataukah tidak.

Meskipun demikian, ini merupakan berita yang sangat positif. Pasalnya dengan adanya fitur semacam ini, aktivitas mencari gambar seperti halnya di Google Image menjadi semakin banyak pilihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *