Ciri Ciri Capung Berdasarkan Morfologinya

 

Capung merupakan salah satu jenis serangga yang masuk ke dalam kelas Insekta dan bangsa Ordonata. Serangga terbang tersebut terbagi menjadi dua jenis subordo yakni Aniseptera dan Zygoptera. Selain dikenal dengan nama capung, serangga ini dikenal pula dengan sebutan sibar-sibar, coblang, kinjeng, papatong dan kasasiur. Berbeda dengan belalang, capung tidak dianggap sebagai hewan yang mengganggu. Serangga ini bahkan dapat memberikan manfaat yang baik bagi kehidupan manusia. Untuk beberapa negara di dunia, serangga tanpa bulu ini dapat dijadikan indikator air dan udara bersih. Ciri ciri fisik dari capung dapat dilihat melalui sayapnya. Sayap serangga ini berjumlah empat yang tipis dan transparan. Jika diperhatikan dengan baik, selaput urat pada sayap memiliki jumlah yang banyak.

Secara morfologi, hewan bersayap empat ini terbagi menjadi 3 bagian tubuh, yakni kepala, dada dan perut. Kepala capung memiliki bentuk yang lebih besar jika dibandingkan pada bagian sisinya. Untuk bentuknya sendiri, kepala nampak membulat ke arah samping dan berlekuk menuju arah dalam. Yang paling menarik dari area sekitar kepala adalah mata majemuk yang dimiliki oleh serangga ini. Mata majemuk memiliki bentuk lebar dan berukuran besar. Pada saat mata digunakan, wilayah pandang capung sangatlah luas. Karena luasnya, area di belakang kepada dapat ia lihat dengan baik. Untuk bagian dada, setiap ruas didukung oleh 1 pasang kaki. Kaki pada serangga bermata majemuk ini dikenal dengan nama raprotial, yakni jenis kaki yang bermanfaat untuk memasang dan menopang tubuh.

Sayap capung memiliki bentuk lonjong dan panjang. Sayap serangga ini terkadang dapat menampilkan warna yang menarik. Sayap tersebut dapat menampilkan warna merah, biru coklat kekuningan dan hijau. Sayap-sayap yang ada pada serangga ini ditopang dengan venasi. Melalui susunan venansi, identifikasi serangga dapat dibedakan. Sedangkan untuk bagian perut, ada beberapa ruas yang dapat ditemukan. Ruas perut berbentuk ramping dan memanjang layaknya ekor. Ujung perut nampak terdapat umbai yang nantinya dapat digerakkan. Bentuk umbai dibedakan berdasarkan dengan jenis capung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *