Cara Belanja Di Taobao dari China

Taobao merupakan salah satu situs belanja online yang terbesar dan terkenal yang ada di Asia. Taobao yang merupakan pasar online berbasis di China ini pendirinya masih satu kelompok dengan Alibaba. Taobao bukan hanya melayani pelanggan yang ada di dunia,tetapi lebih dari itu juga melayani berbagai pedagang baik dari yang mempunyai bisnis kecil sampai yang sudah memiliki bisnis besar.

Produk-produk yang ditawarkan oleh Taobao meliputi fashion, gadget,perangkat keras komputer, aksesoris ponsel dan masih banyak lagi. Kelebihan dari Taobao yang lainya adalah mempunyai harga yang relatif murah serta terjangkaus.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Belanja di Taobao

Lalu bagaimana cara kita berbelanja di Taobao? Sebelum memberikan ulasan cara berbelanja di Taobao maka ada baiknya kita mengetahui hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika akan berbelanja di Taobao.

Metode pembayaran dan bank

Pada saat kita berbelanja di Taobao maka untuk pembayarannnya bisa dilakukan melalui kartu kredit/kartu debit ataupun kartu ATM yang mempunyai logo Union Pay yang betasal dari bank China dan sudah bekerjasama dengan Taobao.

Alamat dan pengiriman barang

Untuk alamat pengiriman barang sementara hanya bisa dilakukan di China. Selain memasukkan alamat yang ada di China,kita juga diharuskan memasukkan nomor telepon yang gunanya untuk mempermudah Kurir dalam melakukan pengiriman barang.

Bahasa

Untuk penggunaan bahasa pada halaman dan transaksi di Taobao menggunakan bahasa tradisional China (kanji). Oleh karena itu bagi yabg tidak mengerti bahasa kanji bisa menggunakan Google chrome.

Tetapi tidak semua halaman yang ada di Taobao bisa ter translasi otomatis karena sudah di set oleh Taobao. Untuk lebih memudahkan lagi kita bisa menggunakan Orang yang mengerti dan paham bahasa kanji china.

Terima barang

Rumah tinggal di China kebanyakan terdiri dari rumah susun dan apartemen yang tinggi. Oleh karena itu pada saat kurir akan mengantar barang maka kurir akan menghubungi kita melalui sambungan telepon. Selanjutnya kurir akan meminta kita untuk bertemu di tempat antar jemput barang.

Jadi kita harus menemui kurir untuk mengambil barang tersebut. Hal ini dilakukan agar kurir tidak mengantarkan barang kekita yang ada di apartemen. Ini untuk menjaga keamanan barang.

Cara Belanja Di Taobao Yang Mudah

Itulah hal yang tidak bisa dilakukan di Taobao. Selanjutnya adalah tentang bagaimana langkah-langkah untuk berbelanja di Taobao :

  1. Masuk dan lakukan log in untuk mencari barang yang kita butuhkan.
  2. Mislanya kita akan memlih barang nikotin cair untuk digunakan pada rokok elektrik. Maka barang yang keluar adalah barang nikotim cair yang berasal dari masing-masing toko.
  3. Setelah itu pilih “bayar sekarang” lalu muncullah tampilan konfirmasi order
  4. Berikutnya adalah dengan memilih tombol yang berwarna jingga. Lalu akan muncul pilihan cara melakukan pembayaran.
  5. Setelah itu akan muncul tampilan tentang konfirmasi pembayaran
  6. Langkah berikutnya adakah Masuk dan log on to online banking payment
  7. Pada kolom yang kosong diisi dengan angka kartu debitnya
  8. Berikutnya adalah memilih tombol yang ada disisi kanan kolom kosong yang pertama kemudian sistem bank akan melakukan pengiriman data melalui SMS ,lalu masukkan kode tersebut kedalam kolom kosong yang pertama. Sedangkan untuk kolom kosong yang kedus kita bisa mengisi kata kunci dari kartu bank kita.
  9. Lalu klik tombol kiri jika kita pembayaran telah berhasil
  10. Klik tombol biru maka akan muncul exit view ringkasan dari Taobao.
  11. Kemudian kita bisa membuka dan mengecek semuanya di akun Taobao saat memilih”My Taobao”
  12. Ada banyak sekali perusahaan logistic yang bekerja sama dengan Taobao,misalnyabYTO,SFO, EMS dan lain-lain.

Untuk cara pemesanan barang diatas berlaku  bagi orang Indonesia yang tinggal di negeri. China. Bagaimana cara melakukan pemesanan barang jika kita berada di Indonesia dan akan membeli di Taobao.Caranya mudah sekali yaitu kita tinggal meminta bantuan kepada pihak atau orang yang memberikan jasa untuk membelikan di Taobao.

Tentu saja jika kita melakukan hal tersebut maka kita membayar uang jasa untuk membelikannya. Hal ini tak masalah jika tujuan kita membeli di Taobao adalah untuk berbisnis atau dijual lagi di Marketplace Indonesia. Dengan membeli banyak maka harga jatuhnya lebih murah

Bisa saja kita membeli di Taobao tanpa menggunakan jasa orang lain,tetapi hal ini rawan penipuan,barang tidsk bisa diretur dan lain-lain. Terus bagaimana kita mencari jas jasa untuk membelikan diTaobao? Kita bisa mencarinya di internet.

Biasanya yang memberikan jasa belanja di Taobao menawarkan kepada para pelaku UMKM untuk membantu orang yang mempunyai usaha UMKM agar menemukan suplyer ataupun vendor yang cocok dan terbaik untuk usaha mereka. Jasa layanan ini membantu  kebutuhan usaha UMKM yang ada di Indonesia untuk mencarikan bahan baku,suku cudang, sampai produk jadi di Taobao yang dikirimkan melalui jasa Truck dispatch Services.

Banyak dari para pelaku UMKM kita terutama yang baru mendirikan usaha kesulitan untuk mencari bahan baku yang belum diproduksi di Indonesia. Dengan modal yang biasanya masih terbatas, mereka juga enggan untuk membeli dengan harga yang tinggi. Oleh karena itu,para pemberi jasa layanan untuk belanja di Taobao akan menawarkan solusi dan membantu pelaku UMKM tersebut untuk menemukan  bahan baku impor dengan harga yang terjangkau.

Jasa layanan ini sangat membantu kita,terutama dalam hal penggunaan bahasa asing yang kita masih awam. Mereka menjembatani kita dengan vendor Yang ada di luar negeri khususnya ketika belanja di Taobao.

Itulah beberapa hal yang harus kita ketahui tentang cara berbelanja di Taobao. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *