Jarang  Diketahui, Berikut Dampak Main Futsal di Malam Hari Bagi Kesehatan

 

Berolahraga menjadi kegiatan yang perlu dilakukan secara rutin untuk menerapkan gaya hidup sehat. Olahraga sendiri sangat banyak jenisnya, salah satu yang cukup populer yaitu permainan futsal. Sayangnya, aktivitas yang cukup padat mulai pagi hingga sore menyebabkan seseorang main futsal di malam hari. Namun, jarang yang mengetahui dampak olahraga satu ini ketika dilakukan saat malam. Agar lebih waspada dan tidak sembarangan, yuk simak ulasan berikut.

Dampak Bermain Futsal bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

Terdapat beberapa dampak negatif ketika anda menggunakan waktu di malam hari untuk bermain futsal, salah satunya angin malam. Tentu tak hanya bermain futsal saja, aktivitas lan yang dilakukan  pada malam hari juga beresiko terkena masuk angin. Selain itu, anda juga lebih rentan terkena demam dan yang lebih parah yaitu menurunnya daya tahan paru paru yang berakibat pada gejala asma. Dampak ini juga harus diwaspadai meskipun futsal dilakukan di dalam ruangan.

Selain itu, dampak lainnya yaitu anda merasa kelelahan disebabkan waktu anda kekurangan waktu istirahat. Malam hari yang seharusnya digunakan untuk mengistirahatkan tubuh justru terpakai untuk kegiatan olahraga yang mengharuskan banyak gerak sehingga menyebabkan kelelahan yang parah. Dengan keadaan yang payah, tentu keesokan harinya anda menjadi lebih lesu dan tidak bersemangat akibatnya produktivitas anda menjadi turun.

Kelelahan yang terjadi berkaitan dengan insomnia yang muncul setelah main futsal di malam hari. Bagi sebagian orang, bermain futsal justru bisa menyebabkan gangguan tidur. Hal ini dikarenakan futsal merupakan salah satu olahraga berat. Jika hal ini terjadi, sebaiknya anda menghindari masalah tidur yang berkaitan dengan olahraga di malam hari. Tentu istirahat dinilai lebih penting dibandingkan memaksa olahraga yang berujung pada kelelahan fisik.

Menurunnya daya tahan tubuh juga menjadi akibat jika terlalu sering main futsal. Hal ini bisa saja terjadi karena  tubuh yang sudah cukup lelah. Banyak yang melakukan futsal setelah pulang dari kerja, sehingga tubuh tidak dalam kondisi yang prima. Dampaknya tubuh lebih mudah sakit karena sistem imunitas yang menurun. Para ahli kesehatan menyarankan agar manfaat yang diperoleh bisa maksimal, olahraga dilakukan ketika kondisi tubuh sedang fit dan masih bugar.

Dampak yang cukup parah setelah main futsal di malam hari yaitu resiko serangan jantung secara mendadak. Sebenarnya hal ini tidak berlaku untuk semua orang, melainkan mereka yang memiliki riwayat kesehatan yang berhubungan dengan jantung seperti kadar kolesterol tinggi. Meskipun demikian, efek negatif in juga perlu diwaspadai untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga yang dilakukan bukan malah memberikan efek positif justru membuat anda jatuh sakit.

Penyebab berbagai dampak negatif yang bisa timbul berkaitan dengan jam biologis tubuh. Pada malam hari, jam biologis ini mengingatkan agar anda mengistirahatkan tubuh. Ketika anda memaksa berolahraga di malam hari, maka terjadilah pergantian jadwal yang menyebabkan jam biologis kesulitan mengatur tubuh agar tetap berfungsi.Hal ini yang akhirnya menyebabkan tubuh menjadi lebih rentan lelah dan sakit karena anda kesulitan tidur.

Tips Agar Terhindar Dari Bahaya Futsal di Malam Hari

Sebenarnya main futsal di malam hari tidak dilarang jika anda melakukannya dengan tepat. Bahkan bermain futsal juga bisa memberikan efek positif jika anda tahu tipsnya. Olahraga di malam hari dinilai lebih baik daripada tidak melakukan olahraga sama sekali. Futsal di malam hari dapat meningkatkan enzim serta fungsi otot serta merilekskan tubuh. Bahkan olahraga ini juga sangat cocok digunakan sebagai sarana refreshing dari aktivitas yang sangat padat.

Akan tetapi anda harus memperhatikan beberapa hal salah satunya waktu yang tepat. Sebaiknya futsal tidak dilakukan terlalu larut malam karena hal ini bisa berakibat pada pergeseran pola tidur, sehingga maksimal futsal diselesaikan sebelum jam 9 malam. Selain itu, sebelum memulai futsal, sebaiknya dilakukan sesi pemanasan dan pendinginan untuk penyesuaikan tubuh. Di akhir pertandingan, anda perlu meluangkan waktu lima menit untuk bergerak dengan kecepatan lambat.

Dengan gerakan yang lebih lambat, maka anda memberikan kesempatan jantung untuk mengatur detak, kadar hormon serta pernapasan. Anda juga perlu melakukan peregangan setelah olahraga untuk mengendurkan otot. Peregangan juga dapat membantu tubuh anda lebih rileks untuk tidur serta meningkatkan sirkulasi darah. Dengan demikian, gerakan ini dapat mencegah anda mengalami insomnia setelah bermain futsal di malam hari.

Menentukan ritme sirkadian juga harus dilakukan agar anda bisa menimbang apakah tubun adan cocok dengan olahraga malam. Hal ini juga berpengaruh terhadap waktu olahraga yang tepat. Ritme sirkadian berpengaruh terhadap pola fisik dan perilaku. Mungkin bagi sebagian besar orang, paru paru dapat berfungsi dengan baik di sore hari. Akan tetapi karena ritme sirkadian setiap orang berbeda, sehingga olahraga di  malam hari justru baik bagi orang orang tertentu.

Ukuran sehat tidaknya seseorang saat melakukan olahraga dipengaruhi oleh ketahanan tubuh serta waktu yang paling tepat untuk berolahraga. Anda bisa melihat burung hantu yang justru dapat beraktivitas dengan baik di malam hari sedangkan saat pagi performanya justru menurun. Hal inilah yang menjadi pertimbangan bagi anda untuk melakukan olahraga di malam hari. Untuk mengetahui sesuai tidaknya olahraga tersebut, tanyakan terlebih dahulu pada tubuh anda.

Beberapa pertanyaan bisa anda jawab untuk mengetahui performa tubuh di malam hari. Dengan demikian anda bisa mengetahui cocok tidaknya olahraga tersebut bagi tubuh anda. Jika setelah melakukan olahraga anda bisa tidur dengan pulas dan bangun dengan bugar, itu artinya main futsal di malam hari memberikan efek yang positif bagi tubuh anda. Agar bermain futsal lebih nyaman dan bersemangat, anda perlu buat jersey futsal dengan bahan terbaik dan desain yang keren.

Melakukan olahraga di malam hari termasuk futsal memiliki dampak negatif jika kondisi tubuh anda kelelahan dan dilakukan terlalu malam. Namun, hal ini mungkin tidak berlaku untuk mereka yang terbiasa dengan olahraga malam. Jika menurut anda futsal bisa memberikan manfaat yang positif bagi tubuh, anda bisa tetap melakukannya. Akan tetapi, anda tidak boleh memaksakan ketika kondisi tubuh sedang tidak fit karena bisa menurunkan daya tahan tubuh.