Strategi Menghadapi UTBK SAINTEK agar Sukses

Hal paling mendebarkan dan tantangan tersendiri bagi siswa yang ingin masuk perguruan tinggi adalah tes seleksi pada SBMPTN. Jika Anda mengambil jurusan Saintek maka lebih baik coba Tryout UTBK SAINTEK mengingat soal yang diujikan lumayan berat. Dengan Anda sudah pernah mencoba mengerjakan soal yang diujikan jadi ada gambaran soal tes SBMPTN nantinya.

Agar Anda sukses dalam tes seleksi maka harus memiliki strategi khusus. Persiapkan segalanya dari jauh-jauh hari. Jangan pernah menganggap sepele atau meremehkan soal yang nanti akan Anda hadapi. Meskipun untuk masuk perguruan sangat sulit di tahap seleksi ini tapi dengan berusaha keras dan berdoa pasti bisa terwujud. Nah, untuk strategi yang bisa Anda gunakan seperti di bawah ini:

Luangkan Waktu Di Luar Jam Sekolah Untuk Mempersiapkan UTBK

Meskipun Anda masih duduk di bangku sekolah jangan malas untuk menyiapkan segalanya. Anda bisa les privat atau mengikuti kursus untuk menyiapkan UTBK SMMPTN ini. Selain itu belajar rutin tiap hari sendiri juga bagus, misalnya sempatkan 1-2 jam setiap hari.

Kebanyakan yang tidak lulus dari tes seleksi masuk SBMPTN ini karena tidak ada kesadaran diri dalam menyiapkan segalanya sejak awal. Siswa baru sadar ketika tes seleksi tinggal seminggu lagi. Tentunya jika terjadi hal demikian maka hanya akan menyulitkan Anda. Selain itu Anda tidak bisa berkonsentrasi dan bisa malah sakit karena stres.

Penyebab stres timbul karena waktunya tes seleksi sudah semakin dekat padahal Anda masih perlu menyiapkan banyak hal. Beda halnya jika semua sudah dipersiapkan sejak awal. Anda akan jauh lebih siap dan sedikit bersantai menghadapi UTBK SAINTEK tersebut.

pxhere.com

Berlatih Mengerjakan Soal dan Mempelajari Materi Ujian

Agar waktu Anda jauh lebih efektif maka jangan mempelajari semua pelajaran. Anda cukup belajar yang memang nantinya akan diujikan saja. Hal lain yang tidak terlalu penting tidak perlu diujikan karena hanya akan membuat Anda tambah bingung dan pusing.

Cara paling efektif dan efisien mungkin bisa dengan mengerjakan soal-soal tahun lalu. Anda bisa coba pahami jenis soal tersebut. Kalau bisa coba kategorikan beberapa soal yang memiliki jenis yang sama dari tahun ke tahun. Dengan begitu Anda jadi bisa menganalisa dan melihat lebih jelas perubahan yang terjadi pada soal dengan kategori yang sama di setiap tahunnya.

pxhere.com

Biasakan Menggunakan Laptop dan Komputer

Sesuai namanya UTBK itu artinya nanti untuk ujiannya menggunakan komputer. Jika Anda sudah mahir dan terbiasa menggunakan laptop atau komputer nanti akan memudahkan soal teknis pengerjaannya. Mungkin kemampuan ini tidak masuk dalam soal namun jika Anda kesulitan dalam mengoperasikan komputernya maka akan menghambat dalam mengerjakan soal.

Akhirnya waktu Anda akan habis hanya karena masalah teknis. Tentu Anda tidak mau bukan masalah ini terjadi dan menimpa Anda. Maka dari itu jika Anda belum bisa menggunakan komputer maka belajarlah. Namun jika sudah bisa maka bisa dengan mencoba mengoperasikannya.

pxhere.com

Carilah Informasi Tentang UTBK

Informasi terkait UTBK mulai dari sistem, jadwal tes dan informasi lainnya sudah banyak beredar. Informasi ini sering ada update secara berkala. Untuk itu Anda harus rajin mencari segala informasi yang berkaitan dengan hal ini. Jangan sampai ada yang tertinggal terutama masalah jadwal. Jika Anda sampai terlewat jadwal tesnya maka percuma saja usaha Anda selama ini.

Pilih Sesi UTBK yang sesuai dengan Anda

Dalam UTBK ada 10 sesi jadwal yang bisa Anda pilih. Demi mendapatkan hasil yang terbaik Anda disarankan untuk mengambil sesi yang sesuai dengan Anda.  Sesuai di sini bisa dilihat dari waktu luang Anda, kesiapan Anda. Mungkin Anda bisa mengambil di sesi-sesi yang terakhir karena dengan begitu bisa melihat hasil dari yang sudah dahulu mengikuti tes.

Nah, itulah strategi yang bisa Anda coba lakukan saat menghadapi UTBK SAINTEK ini. Ujian ini hanya dilakukan sekali setiap tahunnya. Jika Anda gagal maka harus menunggu tahun depan. Maka sebaiknya usaha dan berdoa semaksimal mungkin agar bisa lulus tahun ini. Menunggu tahun depan sangatlah lama dan belum tentu juga Anda bisa lulus. Maka dari itu gunakan kesempatan yang ada dan peluang yang diberikan dengan sebaik mungkin dengan belajar dengan giat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *