Apa Itu Ukuran Foto 10R? Berikut Penjelasannya!

Momen-momen paling indah di hidup kita pastinya harus didokumentasikan dengan kamera digital, DSLR, maupun kamera HP, agar dapat selalu diingat dalam bentuk gambar atau foto. Akan tetapi, hanya dengan memiliki file foto momen-momen penting dalam hidup akan mengurangi kesan keistimewaan dari momen tersebut. Maka dari itu kini banyak yang melakukan pencetakan diluar ukuran foto 10R.

Ukuran Foto 10R

Foto ukuran 10R adalah ukuran yang sering digunakan untuk foto yang akan dipajang di tembok atau disebuah ruangan. Hal ini dikarenakan ukurannya yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sehingga pas untuk dipasang di tembok.

Pencetakan foto biasanya dilakukan di kertas khusus yang sudah standar internasional, yaitu kertas R series. Foto yang menggunakan kertas ini biasanya menggunakan ukuran 2R, 3R, 4R, 5R, 6R, sampai 30R, dimana R menunjukkan jenis kertasnya. Apabila dikonversikan dalam milimeter, foto ukuran 10R adalah 254 x 305 mm, dalam satuan centimeter adalah 25,4 x 30,5 mm, dan dalam satuan inchi menjadi 10 x 12 inch. Nah, untuk mengetahui ukuran foto dari kamera atau komputer, kita bisa melihat dari ukurannya dalam satuan pixel. Ukuran foto 10R dalam satuan pixel adalah 3000 x 3602 pixel.

unsplash.com

Apa Pentingnya Mengetahui Ukuran Foto?

Nah, ini lebih untuk pencetakan foto nantinya. Dalam mencetak foto, Anda sebaiknya mengetahui ukuran foto Anda agar nanti bisa dicetak pada ukuran dan kertas yang sesuai. Biasanya, orang-orang yang tidak mengetahui ukuran foto mereka akan mendapatkan hasil cetak yang cropped atau terpotong. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui ukuran foto agar saat pencetakan tidak ada yang terpotong.

Apabila Anda masih merasa tidak yakin, Anda bisa langsung saja membawa foto ke percetakan dan segera tanyakan ukuran foto Anda dan kertas apa yang sesuai untuk mencetaknya. Jangan takut untuk bertanya ya!

unsplash.com

Cara Merubah Ukuran Foto 10R Lewat Komputer

Ukuran foto 10R jika dikonversikan menjadi pixel, maka jumlahnya yaitu 1500 hingga 3000 pixel. Itu artinya, ukurannya lebih dari 5 megapixel, dan itu merupakan ukuran foto yang sangat besar. Bayangkan saja misalnya Anda punya foto dengan ukuran foto 10R, lalu Anda ingin share foto tersebut di Instagram, apakah Anda mau menunggu bermenit-menit lamanya hanya untuk sekedar posting foto? Tentu tidak bukan?

Tentu solusi yang paling tepat yaitu dengan menurunkan ukurannya. Kabar baiknya, mengecilkan ukuran foto 10R tidaklah susah, dimana Anda bisa menggunakan komputer Anda. Berikut adalah beberapa cara merubah ukuran foto 10R lewat komputer!

  • Paint

Cara paling mudah dan cepat untuk mengubah ukuran foto 10R lewat komputer yaitu dengan menggunakan software bernama Paint. Paint merupakan software default dari komputer Windows, jadi Anda bisa menemukannya dengan mudah. Caranya sangat mudah, Anda tinggal membuka Paint, lalu pada tab File klik ‘Open’, nah setelah itu klik foto 10R yang ingin Anda ubah ukurannya. Setelah itu pada tab Home, klik ‘resize’, nah baru deh Anda bisa merubah ukurannya. Jika ukurannya dirasa sudah pas, Anda bisa menyimpannya di folder yang Anda inginkan.

  • Aplikasi Photos

Jika Anda punya komputer Mac, maka untuk merubah ukuran foto 4R, metodenya sedikit berbeda karena menggunakan aplikasi Photos. Nah untuk memudahkan Anda, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama Anda buka dulu aplikasi Photos di komputer Mac.
  2. Nah setelah muncul dashboard aplikasi, maka klik tombol ‘Show Markup Toolbar’.
  3. Lalu setelah itu klik ikon ‘Adjust Size’.
  4. Nah baru deh Anda bisa merubah ukuran foto 10R, baik dari segi resolusi, ketinggian, hingga lebar.
  5. Setelah itu klik ‘Ok’.
unsplash.com

Cara Merubah Ukuran Foto 10R Lewat Online

Jika Anda punya kuota internet, maka Anda bisa mengakses situs yang yang menyediakan layanan photo resizer. Pada dasarnya semua situs perubah ukuran foto memberlakukan sistem yang sama. Anda hanya perlu meng-upload foto 10R dari komputer. Lalu Anda edit ukurannya, jika perlu edit juga visualnya, maka setelah itu tinggal klik ‘save’. Beberapa tool online yang bisa Anda andalkan untuk merubah ukuran foto 10R yaitu WebResizer, PicResize, Resize Image, Shrink Pictures, dan lainnya.

Intinya, sebelum mencetak, ketahuilah ukuran foto Anda agar tidak ada bagian yang cropped. Jika Anda merasa foto 10R perlu diperbesar, maka Anda mesti mengetahui cara memperbesar ukuran foto 10R.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *