Tips Merawat dan Membersihkan Mesin Parutan Kelapa Agar Awet

Deskripsi

Dulu para ibu sangat kesulitan ketika akan memarut kelapa. Tapi sekarang ada mesin parutan kelapa yang mempermudah ibu-ibu dalam urusan memarut.

Artikel

Sekarang ini mesin parutan kelapa tidak hanya digunakan oleh pabrik-pabrik saja tapi para ibu-ibu rumah tangga pun bisa menggunakan mesin ini. Mesin ini tentunya sangatlah membantu sebab dapat menghemat tenaga dan waktu. Memarut yang secara manual pun sekarang sudah ditinggalkan karena dirasa sulit dan melelahkan.

Tapi sayang, para ibu-ibu pemilik mesin parutan kelapa masih kurang memperhatikan perawatannya. Padahal perawatan pada mesin sangat penting agar mesin dapat awet dan mampu memarut dalam kapasitas besar.

Tips merawat dan membersihkan mesin parutan kelapa

Berikut ini adalah cara merawat dan membersihkan mesin parutan kelapa agar tetap awet:

  1. Membersihkan Hooper (Coron)

Hooper adalah corong atas untuk memasukkan kelapa yang masih utuh. Bagian ini terhubung langsung pada mata parut yang bergerigi. Bagian ini sering terkena air untuk mencuci kelapa, walaupun terbuat dari stainless steel tapi lama-lama bisa berkarat juga.

Untuk membersihkannya dilap dnegna kain yang lembut hingga benar-benar kering supaya tidak tergores yang membuat komponen stainless steelnya rusak.

  1. Membersihkan Mata Parut

Mata parut bentuknya lonjong dan diselimuti gerigi yang banyak yang natinya akan menghancurkan kelapa menjadi serabut halus. Setelah memarut biasanya akan tertinggal sisa-sisa serabut kelapa disela-sela gerigi. Apabila tidak dibersihkan akan berkerak dan susah dihilangkannya. Kerak tersebut nantinya akan membuat ketajaman gerigi berkurang dan menjadi rusak. Keras tersebut juga kan terangkat dan masuk ke parutan selanjutnya yang menyebabkan parutan kelapa tidah higienis.

Cara membersihkannya sikat bersih dan siram dengan air mata parut kemudian lap sampai kering. Pembersihan dilakukan setiap mesin parutan kelapa selesai digunakan.

  1. Membersihkan Corong Parut

Bagian keluarnya kelapa yang telah hancur disebut corong parut. Biasanya terbuat dari stainless steel. Pada bagian ini biasanya terkena santan dan parutan kelapa. Cara membersihkannya harus teliti karena serabut kelapa akan muncrat kemana-mana. Apalagi pada bagian samping dan tutup atasnya.

Itu dia cara merawat dan membersihkan mesin parutan kelapa agar awet. Ibu-ibu harus lebih telaten lagi untuk merawatnya karena ketika mesin parutan kelapa ini rusak biaya servicenya sangat mahal ibu-ibu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *