Keunikan Bunga Asoka

Asoka merupakan tanaman hias yang berasal dari India. Tanaman ini berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti kesedihan. Memiliki warna yang menarik, bunga ini cukup banyak dijadikan pilihan para penggemar tanaman hias untuk dijadikan pilihan.

Tak hanya itu saja, beragam manfaat dari bunga ini pun semakin menambah daya tarik dari bunga asoka. Selengkapnya dapat Anda simak dalam penjelasan berikut ini.

Ciri Khusus Bunga Asoka

Adapaun ciri khusus dari bunga ini dapat Anda simak pada pembahasan berikut.

1. Kandungan Bahan Aktif

Bunga asoka mengandung senyawa aktif seperti flavonoid, zat besi, saponin, dan tonin. Masing-masing zat tersebut dapat Anda peroleh dari bagian bunga dan kayunya. Senyawa tersebut dapat dijadikan sebagai antioksidan alami bagi tubuh.

2. Karakteristik Tanaman

Ciri khusus lainnya dari tanaman asoka adalah warna bunga yang mencolok, menjadikan bunga tersebut sering disebut sebagai api hutan. Disamping itu, batang bunga asoka pun dapat menjulang hingga mencapai tinggi 7 meter dengan jenis akar tunggang. Daun dari bunga tersebut berbentuk lonjong dengan ujung yang meruncing.

Manfaat Lebih Bunga Asoka

Terdapat beberapa manfaat lebih dari bunga asoka. Simak ulasannya berikut ini.

1. Memperlancar Haid

Haid Anda tidak lancar? Cobalah untuk membuat ramuan dari bunga asoka, bunga mawar dan dagung lidah buaya. Masak bahan tersebut dengan tambahan air, tunggu hingga sedikit menyusut. Konsumi satu kali sehari, dijamin haid Anda akan lancar. Tka hanya itu saja, otot rahim Anda pun akan terelaksasi dengan baik.

2. Penambah Nafsu Makan

Selain mengonsumsi temulawak, kini Anda dapat memanfaatkan tanaman bunga asoka untuk dijadikan obat penambah nafsu makan.

3. Anti Inflamasi

Peradangan akibat memar atau luka dapat diatasi dengan mudah melalui bantuan tanaman bunga asoka. Selain itu, gejala lain seperti kram maupun luka juga dapat diatasi dengan menggunakan tanaman ini. Tak heran jika tanaman tersebut dijadikan pilihan untuk bahan obat alternatif beberapa jenis penyakit.

4. Obat Diare

Jika Anda mengalami diare dan kebetulan tidak menemukan pohon jambu biji. Kini Anda dapat menggunakan bahan alami lainnya untuk mengatasi diare, yakni bunga asoka. Anda cukup merebus beberapa bunga asokan dengan air dan meminum air rebusan tadi.

Itu dia penjelasan singkat mengenai manfaat dan keunikan dari bunga asoka. Pastikan untuk menanam tanaman tersebut dirumah ya, karena manfaatnya sangat besar untuk kesehatan. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *