Tips Membuat Adonan Donat

Sebagian orang suka sekali mengkonsumsi makanan yang berupa jajanan pasar. Salah satu jajanan yang sering terlihat di pasar atau warung kelonton atau bahkan di toko kue mahal adalah donat. Donat yang merupakan makanan dengan ciri khas bentuknya yang bulat dengan lubang di tengah memang merupakan penganan yang sangat populer.

 

Kebanyakan orang – terutama anak – anak – sangat menggemari donat. Seiring berlalunya waktu, donat hadir tidak hanya dalam bentuk polos. Mulai dari topping sederhana berupa gula halus, meses warna warni, hingga selai berbagai rasa dapat menjadi topping yang dijadikan pilihan agar tidak bosan.

 

Dalam proses pembuatan donat diperlukan berbagai bahan seperti tepung terigu, gula, mentega, telur, fermipan, dan beberapa bahan lainnya. Proses pembuatan donat dapat dikatakan cukup mudah. Namun, jika salah satu bagian dari proses pembuatan atau salah satu bahan tidak terpenuhi, maka akan ada kemungkinan terjadinya masalah pada tekstur donat nantinya. Adonan yang tidak tepat mungkin dapat membuat tekstur donat menjadi keras atau justru terlalu lembek dan gagal mengembang. Oleh karena itu, sebaiknya dalam membuat donat perlu sekali untuk memerhatikan setiap langkah dan bahan serta takarannya dengan tepat.

 

Untuk menghindari kegagalan dalam pengolahan adonan donat, mari belajar cara membuat adonan donat yang lembt dan pas, yuk! Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat dicoba saat membuat adonan donat agar tepat dan baik:

  1. Pastikan bahan berasal dari kualitas terbaik

Kualitas bahan merupakan salah satu faktor penentu kualitas adonan nantinya. Bahan yang baik dengan cara pengolahan yang tepat akan menghasilkan adonan yang baik pula. Namun, bahan yang kualitasnya buruk mungkin akan menyumbang nilai buruk pada adonan nantinya.

  1. Pencampuran bahan yang sesuai takaran dan ketentuan

Salah satu cara mendapatkan adonan yang baik adalah menggunakan bahan yang takaran dan ketentuannya tepat. Misalnya tepung terigu, perlu dilakukan pengayakan agar lebih halus.

  1. Pendiaman adonan di tempat hangat

Salah satu langkah pembuatan donat adalah pendiaman. Lakukan langkah ini di tempat hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *