Mengenal Tahsin Alquran dengan Baik

Bagi umat muslim, tahsin Alquran pastinya bukan hal  baru lagi. Kata tahsin sendiri berasal dari bahasa arab yang artinya adalah meningkatkan, memperbaiki atau memperkaya. Asal katanya adalah ‘hassana-yahassinu’ yang berarti membaguskan. Dalam Islam, Tahsin mempunyai makna  agar dalam kegiatan membaca alquran harus dilakukan secara tepat sesuai dengan contoh sebagaimana mestinya. Tujuannya adalah agar orisinalitas praktik tilawah yang sudah ada ini tetap selalu sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Intinya, tahsin membaca alquran adalah  menyempurnakan, memperbaiki atau membaguskan semua hal yang kaitannya dengan pengucapan huruf Alquran secara sempurna  dari aspek sifatnya yang melekat senantiasa serta  menyempurnakan  pengucapan hukum hubungannya diantara idzar, ikhfa, idgham dan huruf lainnya. Nah, agar Anda lebih paham lagi mengenai tahsin membaca alquran, silahkan simak pentingnya  hal tersebut beserta tips melakukannya.

pxhere.com

Pentingnya Tahsin Alquran yang Harus Anda Ketahui

Harus diketahui bahwa tahsin membaca alquran ini sangatlah penting bagi semua umat muslim. Pentingnya hal tersebut sebenarnya sudah bisa dilihat dari penjelasan sebelumnya mengenai pengertiannya. Namun agar Anda lebih paham dan yakin lagi dengan pentingnya tahsin membaca alquran ini, silahkan simak penjelasan berbagai alasannya berikut ini:

  1. Merupakan Perintah Allah SWT

Alasan pentingnya  tahsin membaca alquran  ini yang pertama adalah perintah dari Allah SWT.  Dalam hal ini berhubungan erat dengan usaha umat muslin menunjukkan keislamannya. Bagi  umat muslim dalam eksistensi keislamannnya, dituntut untuk melaksanakan seluruh kewajiban dalam Islam itu sendiri demi  kebaikan dunia maupun kemaslahatan dirinya sendiri hingga dikehidupan akhirat nantinya. Dasar yang digunakan dalam hal tersebut adalah perintah Allah SWT. Seluruh perintah Allah SWT merupakan ibadah yang mesti dilaksanakan sesuai dengan tuntunan-Nya dan tuntutan yang berlaku. Nah, menyempurkan  bacaan Alquran merupakan  satu dari beberapa perintah Allah SWT. Perintah tersebut tercantum dalam QS. Al Baqarah: 121 dan QS Al-Muzzammil: 4.

  1. Menjadi Refleksi Keimanan Umat

Dalam QS. Al Baqarah: 121, dinyatakan bahwa  membaca Alquran hendaknya dalam pelaksanaannya menerapkan prinsip ‘haqqa tilawah’. Prinsip tersebut artinya adalah membaca  dengan  sebetul-betulnya bacaan di Alquran.  Hal tersebut menjadi refeksi keimanan umat muslim pada kitab yang telah diturunkan oleh Allah SWT sebagai bukti kejujuran  dan semangat beriman kepada-Nya. Apabila tidak melaksanakannya,  yang akan didapatkan adalah kerugian besar serta di akhirat nanti akan binasa abadi.

pixabay.com
  1. Menjadi Bukti Tanda Kesyukuran

Didalam QS. Al-Khafi: 1, Allah SWT  menjelaskan bahwa terdapat dua nikmat terbesar yang diberikan-Nya kepada manusia yakni diturunkannya Alquran dan diutusnya Rasulullah SAW. Maka dari itulah  untuk menunjukan bentuk kesyukuran atas nikmat terbesar yang diberilah Allah SWT,  setiap umat muslim harus membaca Alquran dengan benar sesuai dengan cara yang dicontohkan Rasulluah SAW.

  1. Membiasakan Diri untuk Bertakwa

Alasan berikutnya yang mampu menunjukan pentingnya tahsin Alquran ini adalah mampu membiaskan diri untuk bertakwa.  Salah satu kegiatan takwa yang bisa umat muslim lakukan seperti yang tertera dalam QS. Al Baqarah: 2 adalah membaca Alquran.  Dalam membaca alquran tersebut harus dilakukan secara benar dan disempurnakan tanpa adanya keraguan sedikitpun yang mana mengambarkan dengan betul tahsin membaca alquran.

  1. Menghindarkan Diri dari Kesalahan

Ketika umat muslim mempelajari dan belajar mengenai tahsin membaca alquran, setiap umat akan terbangun kepedualiannya dalam mengenali jenis  kesalahan  membaca alquran, menghindarinya lalu menyelamatkan diri dari kesalahan tersebut. Adapun kesalahan  dalam membaca Alquran ini terbagu menjadi dua  yakni ada ‘Lahn Jaliyy’ yang  merupakan kesalahan fatal  karena dilakukan secara sengaja dan ‘lahn Khafiyy’ yang  adalah kesalahan ringan, misalnya tak menempurnakan kaidah panjang.  Mau itu bacaan Alquran apapun, misalnya surat Al Baqarah, surat al bayyinah ataupun  bacaan lainnya harus  dibacakan tanpa kesalahan.

  1. Menjadi Pribadi Manusia yang Baik

Terakhir, alasan mengapa tahsin membaca alquran ini sangatlah penting adalah mampu menjadikan Anda pribadi manusia yang baik.  Tak lupa untuk mengamalkan dan mengajarkan  materi yang memang betul dikuasai dengan baik tersebut.

pxhere.com

Tips Belajar Tahsin Membaca Alquran

Setelah Anda mengetahui betapa pentingnya tahsin membaca alquran,  tentunya sebagai umat islam tidak boleh mengabaikan kegiatan penting tersebut. Nah, bagi Anda yang hendak melakukannya silahkan simak beberapa tips paling ampuh  yang membantu dalam belajar Tahsin. Adapun beberapa tips paling jitu belajar tahsin membaca alquran yang harus Anda ketahui dan lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Menanamkan Niat yang Benar

Pertama-tama,  tips dalam belajar tahsin Alquran ini adalah menanamkan niat yang benar. Niat tersebut harus niat yang  suci, lapang dada dan tulus. Pastikan Anda menghargai siapa saja pengajar Alquran yang diminta untuk mengajar. Pasalnya ketika Anda sudah menghargai dan mempunyai niat yang tulus akan mudah menerima  perbaikan atau penyempurnaan  bacaan Alquran yang diberikan. Hindari sikap sok  tahu, tinggi hati, tidak mau disalahkan dan tidak sabaran selama belajar tahsin membaca alquran.

  1. Menggunakan Model Tallaqi

Tips berikutnya belajar tahsin membaca alquran adalah menggunakan model tallaqi alias belajar berulang-ulang.  Dengan metode tersebut  akan membantu Anda dalam memahami, menghapal atau menjaga panjang pendek bacaan.

  1. Istiqomah

Jangan lupa untuk segala pembelajaran yang didapatkan ketika tahsin membaca alquran ini diaplikasikan di rumah. Latih terus bacaan Alquran yang ada dengan istiqomah saat belajar. Mulai meluangkan waktu  untuk membaca alquran dan menghindari seluruh hal tidak baik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *