Kabupaten Bandung Barat Dan Permasalahannya

Kabupaten bandung barat masih masuk ke dalam wilayah administratif kota bandung. Sebagai salah satu kabupaten yang berdiri dengan waktu cukup lama, membuat kabupaten ini memiliki banyak permasalahan yang muncul karena banyaknya potensi yang belum tergali dengan maksimal. Kabupaten ini merupakan kawasan lama dari kabupaten bandung. Sehingga memiliki permasalahan yang cukup komplek. Sebagai wilayah lama kabupaten bandung, kabupaten ini memiliki jumlah penduduk sekitar lebih dari 1.400.000 jiwa. Meskipun secara umum jumlah penduduknya cukup banyak, namun sebagian besar merupakan penduduk dari wilayah bandung. Hampir separuh dari jumlah penduduk merupakan warga lama kabupaten bandung yang masih berdomisili di kabupaten ini.

Bandung barat merupakan hasil pemekaran dari kota bandung yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang relatif tinggi. Meskipun memiliki usia kabupaten yang masih tergolong muda namun kabupaten ini memiliki banyak fasilitas dan juga potensi wisata yang tergolong cukup banyak. Berbatasan langsung dengan cimahi dan kabupaten bandung, membuat potensi wisata yang ada di bandung barat tidak berbeda dari bandung secara keseluruhan. Pemerintahan yang masih belum teratur dengan sistem administratif yang belum berdiri tegak membuat daerah pemekaran bandung ini mengalami banyak permasalahan yang cukup serius dalam hal pengelolaan daerah. Akan tetapi segala permasalahan yang terjadi di bandung barat dapat teratasi dengan baik berkat kebijakan dari pemeritah setempat perihal pengelolaan sumber daya yang efektif dan efisien.

Bandung barat yang merupakan kabupaten yang masih berusia 10 tahun dari waktu pemekaran berhasil membuat banyak perubahan-perubahan yang baik. Berdirinya bandung barat sebagai daerah otonom khusus tersendiri membuat bandung barat bersikeras untuk memperjuangkan daerahnya dan kemajuan daerahnya dibawah kepemimpinan bupati yang memiliki integritas yang cukup tinggi. Itulah sebabnya mengapa bandung barat masih memiliki banyak pekerjaan yang cukup beragam yang harus diselesaikan untuk menata kota menjadi lebih nyaman untuk ditinggali oleh warga setempat dan bisa maju dan berkembang mengikuti perkembangan jaman. Selain itu dapat menjadi kabupaten yang lebih  mandiri dan mampu memenuhi kebutuhan warganya sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *