Tips Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Rumah minimalis memang menjadi salah satu model rumah yang kini banyak diidolakan. Pasalnya memang rumah minimalis menawarkan gaya simpel, unik, namun memiliki sisi modern. Bangunan minimalis kini bisa dengan mudah kita temukan mulai dari rumah, hotel, kantor, rumah sakit, dan lain sebagainya. Rumah minimalis merupakan desain rumah yang muncul beberapa tahun terakhir ini dan langsung banyak sekali yang meminatinya.

Alasan simpel dan keren menjadi salah satu yang paling populer mengapa yang memilih bangunan minimalis. Selain itu rumah minimalis juga sangat mudah dikreasikan baik itu yang model satu lantai atau dua lantai. Iya bagi Anda yang mengindamkan rumah dengan dua lantai, tentu rumah minimalis dua lantai menjadi target yang pas buat rumah minimalis Anda. Bagi Anda yang ingin mencari informasi seputar rumah minimalis, Anda dapat mengakses situs rumahpedia.info.

Tips Membangun Rumah Minimalis 2 Lantai

Membangun rumah memang bisa memakan banyak biaya. Apalagi jika Anda membuat rumah dengan dua lantai, tentunya biaya yang dibutuhkan juga akan semakin banyak. Namun dengan desain rumah minimalis yang simpel dan tidak memerlukan banyak atribut, tentunya secara tidak langsung akan lebih menghemat budget Anda. Nah berikut adalah beberapa tips jika Anda ingin membangun rumah minimalis dua lantai dengan lebih hemat:

unsplash.com
  1. Rencanakan dengan matang

Dalam hal ini menyusun rencanan pembangunan rumah minimalis menjadi salah satu hal yang harus Anda lakukan. Dalam hal ini, Anda harus memiliki komitmet yang kuat sejak awal menggat pembangunan rumah membutuhkan tenaga, waktu, dan tentunya adalah biaya. Rencanakan dengan baik, matang, dan desain rumah secara detail sehingga nantinya akan jadi rumah yang benar-benar sesuai dengan yang Anda inginkan.

  1. Luas tanah dan ukuran rumah

Nah pertimbangan selanjutnya adalah luas tanah dan rumah yang akan Anda bangun. Pastikan Anda tidak menghabiskan seluruh bagian tanah Anda untuk dipenuhi rumah. Sisakan sebagian untuk taman, garasi, dan lain sebagainya. Apalagi jika Anda menginginkan rumah minimalis dua lantai, tentunya Anda bisa menciptakan rumah yang luas dengan lebih hemat papan atau luas tanah.

  1. Pilih jasa arsitek terbaik

Pastikan Anda juga memilih jasa arsitek dalam membangun rumah minimalis dua lantai Anda. Iya peran arsitek juga sangat penting dalam menciptakan rumah minimalis yang sempurna. Untuk itu pastikan Anda memilih jasa arsitek yang benar-benar handal dalam bidang rumah minimalis.

  1. Tentukan konsepnya dengan jelas

Langkah selanjutnya adalah pikirkan konsep atau desain rumah minimalis denga  jelas dan tepat. Apalagi Anda akan membangung rumah minimalis dua lantai, tentunya harus dipertimbangan gimana bagian ruang tamu, ruang keluarga, tempat pemasangan tangga, dapur, berapa kamar yang Anda butuhkan, dan lain sebagainya. Dalam hal ini Anda dapat berkonsultasi dengan tukang bangunan yang benar ahli dalam bidang tersebut.

  1. Belanja material dengan efektif

Dalam hal ini Anda dapat berbelanja material-material untuk membuat rumah minimalis Anda dengan cermat sehingga pembelian Anda bisa lebih efektif. Yang perlu diingat adalah rumah minimalis memiliki ciri khas yang simpel dan tidak aneh-aneh namun terlihat unik. Nah maka dari itu sebaiknya Anda menghindari material-material mewah, hal tersebut selain kurang pas dengan konsep rumah minimalis juga dapat meminimalisir budget Anda dalam membuat rumah.

unsplash.com

Kreasi Rumah Minimalis 2 Lantai

Rumah minimalis memiliki ciri khas yakni simpel, minim detal, tegas, serta mengutamakan nilai fungsi dibandingkan estetika semata. Nah rumah minimalis memang sangat cocok untuk hunian yang sederhana namun terlihat modern serta nyaman. Bagi Anda yang tidak memiliki rumah yang luas namun dengan lahan yang lebih hemat, maka rumah minimalis 2 lantai menjadi salah satu pilihannya. Dalam hal ini, Anda dapat mengkreasikan rumah minimalis 2 lantai Anda agar terlihat lebih unik dan tidak monoton. Berikut adalah beberapa kreasi rumah minimalis 2 lantai yang unik:

  1. Rumah minimalis  2 lantai tanpa menggunakan aksen

Nah jika Anda tertarik dengan gaya rumah minimalis garis keras dengan desain yang tidak neko-neko, tentunya desain rumah minimalis tanpa aksen menjadi pilihan yang tepat. Rumah minimalis ini menggunakan struktur kotak yang membebaskan Anda dari desain dan material yang memberatkan budget dalam membangun rumah.

  1. Rumah minimalis 2 lantai dengan atap miring

Untuk menciptakan rumah minimalis dengan kesan artistik, maka Anda dapat menciptakan gaya atap miring pada rumah minimalis Anda. Nuansa atap miring bisa digunakan pada rumah minimalis 2 lantai dengan gaya kotak yakni dengan menambahkan elemen kreasi pada bagian atapnya. Dengan adanya desain atap miring samping ini, rumah minimalis menjadi terlihat lebih unik dengan tetap melindungi rumah dari panas dan hujan.

  1. Rumah minimalis 2 lantai dengan memaksimalkan cahaya alami

Dalam hal ini, penggunaan jendela dengan wall to wall dapat membuat kesan alami pada rumah minimalis akan lebih nampak. Selain itu desain ini juga dapat memastikan bahwa dalam rumah tidak akan kekurangan cahaya. Selain pada sisi jendela, konsep terbuka ini juga dapat digunakan dengan konsep pintu lipat yang diletakkan pada setiap ruangan dengan menghadap taman belakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *