Resep Membuat Kripik Pisang Manis yang Mudah di Rumah

Salah satu jenis camilan yang tahan lama dan enak disantap bersama keluarga adalah kripik pisang. Menu olahan dari pisang ini kerap kali menjadi primadona. Selain murah, cara pembuatannya pun sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Macam rasanya pun bervariasi, ada yang pedas, asin, dan manis. Lalu bagaimana cara membuat olahan satu ini dengan varian rasa manis? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Bahan-Bahan Membuat Kripik Pisang

Untuk mengolah pisang menjadi salah satu camilan kegemaran masyarakat Indonesia satu ini, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan, antara lain :

  • Pisang Ambon 10 Buah
  • Kapur Sirih 1 Sdt
  • Air Bersih 1 L
  • Garam Halus 1 Sdm
  • Minyak Goreng
  • Gula Pasir 200 gr

Mudah dan gampang ditemukan, bukan? Anda juga tidak perlu mencarinya hingga ke Supermarket karena di sekitar rumah pun banyak yang menjualnya.

Langkah-Langkah Membuat Kripik Pisang

Untuk membuat olahan ini, Anda perlu melakukan beberapa tahapan langkah. Yang pertama, Anda harus mengupas semua pisang dari kulitnya dan mengirisnya tipis layaknya koin logam. Setelah itu, siapkan wadah bersih untuk menuang air ke dalamnya. Jangan lupa, masukkan kapur sirih dan aduk hingga merata. Setelahnya, masukkan irisan pisang tadi ke dalam wadah dan rendam selama 1 jam.

Jika sudah waktunya, siapkan wadah lain untuk meniriskan pisang. Disana, jangan lupa taburi dengan garam dan aduk hingga semua irisan terolesi sempurna. Jika sudah, goreng dengan api sedang hingga berubah warna. Langkah terakhir, ambil dan tiriskan hingga minyak benar-benar hilang sambil Anda merebus 1 L air dengan gula dan biarkan sampai larut serta mengental. Jika sudah, tinggal masukkan kripik ke dalam rebusan gula, diaduk, lalu angkat. Tahapan selesai dan kripik siap disajikan.

Mudah dan cepat, bukan? Nah, demikianlah ulasan mengenai cara membuat kripik pisang yang mudah di rumah. Selamat mempraktekkan dan selamat menikmati. Semoga ulasan ini menjadi referensi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *