Yakin Mau Rakit Game PC Sendiri?

Sudah menjadi hal yang lumrah orang merakit sendiri game PC mereka. Alasannya bermacam-macam. Ada yang ingin lebih custom karena bisa menentukan spesifikasi dan juga merknya sendiri. Ada juga yang ingin mendapatkan kepuasan tersendiri. Karena merakit sendiri, maka ada kepuasan yang tak terkira.

Yang pasti, jika alasannya untuk menghemat, sepertinya ini alasan yang sulit diterima akal. Karena faktanya kebanyakan orang yang merakit PC game sendiri justru harus mengeluarkan uang yang lebih banyak. Entah itu karena kurang puas dengan salah satu part yang dibeli. Atau bisa juga ada harga salah satu part yang kelewat mahal.

Belum lagi jika terjadi kesalahan. Misalnya saja ada bagian dari komputer yang tidak compatible dengan bagian lain. Otomatis, bagian tersebut harus diganti dong. Dan itu artinya mubadzir dan mereka harus membeli yang lainnya lagi.

Makanya, apakah Anda yakin ingin merakit PC Game Anda sendiri?

Pertimbangan yang Harus Anda Lakukan

Bukan hal yang salah jika seandaikan Anda merakit sendiri. Bahkan, ini pilihan yang terbaik jika Anda ingin sekali membuat PC game yang lain daripada yang lain. Anda bisa menyicil bagian demi bagian komputer sambil sempurna suatu saat ini.

Akan tetapi, ada beberapa pertimbangan yang harus Anda lakukan sebelum membuat game PC online. Apa saja pertimbangan tersebut?

  1. Trend

Yang pertama adalah masalah trend. Sebagai pecinta PC Game, Anda pasti tahu part dari PC itu selalu di upgrade. Terutama yang terkait dengan kualitas PC game seperti VGA. Part komputer yang satu ini hampir pasti terus di upgrade, setidaknya 2 sampai 3 kali setiap tahun.

Apa itu artinya? Jika Anda membeli VGA terbaru bulan ini, ada kemungkinan 3 atau 4 bulan lagi, ada VGA terbaru yang jauh lebih canggih. Jika Anda benar-benar passionate dalam hal gaming, mungkin Anda akan mudah tertarik. Anda akan mencoba menjual VGA yang lama dan menggantinya dengan VGA yang baru. Dan itu akan terus terjadi lagi dan lagi.

Bukannya Anda bisa menghemat tapi justru semakin boros. Karena Anda tidak mampu menghentikan keinginan Anda untuk membeli bagian komputer yang baru ketika dirilis.

  1. Waktu

Berapa waktu yang harus Anda sediakan untuk merakit PC Game? Mungkin sehari jadi. Namun, besar kemungkinan Anda harus siapkan waktu lebih dari 3 hari. Bahkan, bisa saja 1 atau 2 minggu.

Mengapa? Karena ini bukan hanya sekedar merakit. Anda harus hunting bagian komputer yang Anda inginkan. Mungkin Anda harus mendatangi beberapa toko untuk membandingkan harga.

Memang sekarang sudah ada yang jual hardware secara online. Namun, tetap saja Anda harus tunggu, bukan? Karena pengiriman juga membutuhkan waktu. Belum lagi jika ternyata terjadi kerusakan. Bukan hal yang aneh lagi jika hardware kompoter rusak di ekspedisi. Makanya, sebenarnya tidak begitu disarankan membeli elektronik secara online.

  1. Compatibility

Ini yang juga sangat krusial. Bayangkan Anda sudah hunting hardware ke sana kemari untuk mendapatkan yang terbaik dengan harga yang termurah. Semuanya sudah terkumpul dan Anda sudah keluarkan segala daya upaya untuk merapik PC Game. Sayangnya, ada bagian yang tidak compatible.

Mau tidak mau, Anda harus ganti bagian tersebut dengan yang baru. Itu artinya Anda harus keluar uang lagi.

Jika Anda tahu betul bagaimana cara merakit game PC online, mungkin hal buruk semacam itu bisa Anda hindari. Namun, risiko itu pasti ada.

Bandingkan dengan PC Gaming dari Pabrikan

Kenapa banyak gamer yang memutuskan untuk merakit komputer game sendiri? Karena dulu PC itu standard. Tidak ada PC untuk game. Kalaupun ada, pilihannya sedikit dan harganya mahal.

Namun, lain dulu, lain sekarang. Saat ini, pabrikan atau produsen PC sudah mengeluarkan game PC sesuai dengan kebutuhan gamer pada saat ini. Jadi, apakah Anda tetap ingin merakit sendiri?

Dan harganya pun terjangkau. Bahkan, bisa saja uang yang harus Anda keluarkan untuk merakit masih sisa jika Anda membeli PC game dari produsen langsung.

Secara umum, PC game sudah dilengkapi dengan RAM yang besar dan VGA terbaru. Begitu juga dengan PSU karena bagian yang ini juga sangat menentukan bagaimana performa game PC.

Dari segi harga, ada PC game yang ditawarkan dengan harga sekitar 7 juga. Tentu ada juga yang harganya di atas 10 juta. Yang pasti, ini menjadi alternatif ketika Anda ingin memilih PC game.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *