Profil Kabupaten Bandung Barat

Bandung Barat merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat. Kabupaten Bandung Barat tergolong pada Kabupaten Baru sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Bandung. Batas daerah ini yaitu meliputi Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang di bagian barat, kemudian pada bagian timur berbatasan dengan Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi, pada bagian selatan berbatasan langsung dengan Kota Bandung, serta pada bagian barat dan timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur. Kabupaten in berdiri baru pada tahun 2007 dengan ibukota Ngamprah.

Pembagian Administratif Kabupaten Bandung Barat

Kabupaten Bandung Barat memiliki 165 kelurahan dan juga 16 kecamatan. Adapun kecamatan yang di naungi oleh Kabupaten Bandung Barat adalah sebagai berikut:

  1. KecamatanBatujajar memiliki 7 desa.
  2. Kecamatan Cikalongwetan memiliki 13 desa.
  3. Kecamatan Cihampelas memiliki 10 desa.
  4. Kecamatan Cililin memiliki 11 desa.
  5. Kecamatan Cipatat memiliki 12 desa.
  6. Kecamatan Cipeundeuy                memiliki 12 desa.
  7. Kecamatan Cipongkor memiliki 14 desa.
  8. Kecamatan Cisarua memiliki 8 desa.
  9. Kecamatan Gununghalu               memiliki 9 desa.
  10. Kecamatan Lembang memiliki 16 desa.
  11. Kecamatan Ngamprah memiliki 11 desa.
  12. Kecamatan Padalarang memiliki 10 desa.
  13. Kecamatan Parongpong                memiliki 7 desa.
  14. Kecamatan Rongga memiliki 8 desa.
  15. Kecamatan Sindangkerta memiliki 11 desa.
  16. Kecamatan Saguling memiliki 6 desa.

Wisata Alam di Kabupaten Bandung Barat

Dengan kondisi goegrafisnya yang sebagian besar adalah dataran tinggi, Kabupaten Bandung Barat memeliki banyak sekali wisata alam yang sangat terkenal. Iya wisata alam di Bandung Barat memang menawarkan pesona yang sangat menarik bagi Anda yang hobi berwisata di alam. Nah beberapa wisata alam di Kabupaten Bandung Barat yang cocok untuk Anda kunjungi yaitu Curug Malela, Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, Curug Maribaya, Taman Begonia, Taman Hutan Jayagiri Lembang, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Curug Omas, Curug Cimahi, Curug Malela, Situ Ciburuy, Stone Garden, Gua Pawon, Gua Sanghyang Tikoro, Lembah Curugan Gunung Putri, Waduk Cirata, Waduk Saguling, Sēndang Geulis Kahuripan, Pasir Keraton, Tutugan Burangrang, dan masih banyak lainnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *