PENYEBAB KUTU AIR YANG HARUS DIKETAHUI

Kutu air merupakan salah satu penyakit kulit yang ditimbulkan karena infeksi jamur, kutu air menyerang pada bagian kaki yang biasanya berada pada sela-sela jari kaki. Kaki yang terkena kutu air akan terasa sangat gatal, kulit kering, tebal dan keras, hingga retak dan mengelupas. Jika dibiarkan secara terus menerus bukan tidak mungkin akan memunculkan penyekit komplikasi karena kutu air, seperti peradangan terhadap kelenjar getah bening dan pembuluh limfatik. Penyakit kutu air dapat terjadi karena berbagai hal, berikut ini beberapa penyebab utamanya.

Serangan jamur dermatophytes

Penyebab utama munculnya kutu air pada kaki seseorang adalah karena adaya infeksi yang diakibatkan oleh serangan jamur dermatophytes. Jamur ini pulalah yang biasanya menimbulkan berbagai jenis penyakit dalam permukaan kulit, seperti panu, kadas, dan kutu air. Jamur dermatophytes hidup dalam lingkungan yang lembap atau pada air yang bersuhu hangat, penularan jamur dermatophytes dapat terjadi karena sentuhan kulit.

Jamur dermatophytes dapat hidup dan berkembang biak pada area kulit yang lembab, biasanya akan ditandai dengan adanya rasa gatal sehingga membuat seseorang akan berusaha untuk menggaruknya. Bekas garukan kuku yang terlalu keras secara otomatis akan melukai kulit, pada permukaan yang terinfeksi inilah jamur dermatophytes dapat hidup.

Tidak menjaga kebersihan kaki

Kutu air pada kaki juga bisa disebabkan karena kurangnya seseorang dalam menjaga kebersihan kakinya. Kaki yang lembab atau berkeringat karena sepatu yang terlalu rapat juga dapat menyebabkan kutu air, jarang mengganti kaos kaki juga bisa berakibat pada timbulnya kutu air pada kaki. Untuk menghindari hal tersebut, usahakan selalu mencuci kaki setelah melakukan berbagai aktifitas.

Gunakan sepatu atau alas kaki yang kering dan tidak lembab ketika beraktifitas atau ketika mendatangi tempat-tempat umum. Bagi mereka yang memiliki kaki berkeringat, sering-seringlah menjemur sepatu ketika tidak digunakan, serta mengganti kaos kaki minimal 2 hari sekali.

Berbagi pemakaian barang pribadi

Bergantian barang pribadi juga bisa menjadi salah satu penyebab infeksi jamur, panu dapat ditularkan melalui handuk atau baju. Sedangkan kutu air juga bisa ditularkan melalui pemakaian sepatu secara bergantian. Sebisa mungkin menghindari untuk berbagi pemakaian barang-barang pribadi agar terhindar dari penyakit kuli yang disebabkan oleh jamur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *