Mengenal Kelebihan dan Fitur Virtual Dub Software Edit Video

Berbicara soal software edit video, terdapat sebuah software aplikasi yang mampu memberikan gaya sederhana dan simpel. Namanya adalah Virtual Dub dimana anda bisa mengedit video dengab mudah karena user interface yang sangat friendly.

Sangat mudah digunakan untuk pemula dan tidak memerlukan ketajaman pengalaman dalam mengedit. Virtual Dub ini masuk ke kategori aplikasi video capture dan utility dibawah lisensi dari GNU GPL (General Public License).

Sebagai aplikasi utilitas, virtual dub pada umumnya digunakan untuk memotong, mengedit video sebelum anda memindahkannya di program yang lainnya. Apabila kita bandingkan dengan aplikasi editing video seperti Adobe Premiere maka pada Virtualdub ini tidak tersedia pengeditan editor umum. Sangat tepat untuk melakukan operasi edit video linier secara cepat.

Kemampuan dari VirtualDub ini seperti batch-processing dimana bisa memproses file yang berukuran besar untuk digabungkan dan diberi efek filter dari pihak ketiga. Aplikasi Virtual Dub Juga merupakan aplikasi yang terbaik dalam proses pengolahan file AVI walaupun disamping itu juga bisa membaca format file MPEG dan set gambar BMP.

Keunggulan Virtual Dub

Aplikasi Virtual Dub ini juga dinilai sebagai aplikasi yang ringan dan sangat pas digunakan di PC yang memiliki spesifikasi yang terbatas. Bagi anda yang ingin melakukan editing video namun spesifikasi pc tidak memenuhi maka kami sangat menyarankan untuk mengunduh virtual dub ini. Karena fitur dan tool nya hampir sama dengan editing video yang lainnya. Namun tetap saja, untuk fitur tertentu dari aplikasi ini tidak selengkap aplikasi lainnya. Bahkan masih kalah dengan aplikasi vsdc, videopad video editor dan lainnya. Untuk fitur dan Tools basic sudah tersedia dengan lengkap di aplikasi ini seperti trimming, spliting, cutting, penambahan judul dan fitur basik lainnya.

Secara tampilan, virtual dub ini dirancang cukup berbeda dengan software edit video lainnya. Pada aplikasi ini anda tidak menemui timeline layaknya aplikasi Movie Maker. Untuk menggunakan semua Tools di aplikasi ini anda bisa meng- Add atau menyeleksi tool yang dipilih. Keunggulan lainnya dari aplikasi Virtual Dub ini adalah kemampuannya untuk menghasilkan video yang steady dan tidak goyang. Hal ini karena, pada aplikasi Virtual Dub telah tersedia fitur Deshaker. Fitur Deshaker inu mampu meredam getaran pada video saat anda melakukan perekaman video. Keunikan lainnya adalah pada aplikasi Virtual Dub inu anda bisa melihat layar preview dengan dua jenis. Pada layar preview tersebut anda bisa melihat perbedaan pengeditan baik sebelum proses editing dan juga setelah proses editing.

pexels.com

Beberapa fitur Virtual Dub

  • Split & Trim, Digunakan untuk menggabungkan dan melakukan split pada video
  • Melakukan pemotongan pada video
  • Menggabungkan beberapa¬† video
  • Croping video
  • Memutar atau merotasi video
  • Mengkompres video menjadi ukuran yang berbeda, bahkan anda bisa mengecilkan ukurannya
  • Menghapus/Tambah audio sebagai backsound
  • Menambahkan sub judul dan teks
  • Menambahkan Logo Watermark
  • Mengubah kontras/ dan juga kecerahan Mengmbil Snapshot
  • Dan lain lain.

Fitur Fitur Dasar Virtual Dub

Sebagai aplikasi yang fleksibel, virtual dub ini bisa dipasang di Mac OS dan juga Linux, meskipun tujuan awalnya adalah dirancang untuk Microsoft Windows. Aplikasi ini secara eksklusif bisa melakukan pengeditan pada file AVI ini. VirtualDub memiliki berbagai fitur fitur dasar sebagai aplikasi pengeditan video .

Pengambilan video

Dalam proses pengambilan video, pada Virtualdub sudah mendukung fitur Direct Show dan juga pengambilan video pada Windows. Untuk fitur yang bisa kita dapatkan ketika menggunakan virtual dub seperti meter VU audio, pengambilan varian AVI, histogram, pemotongan dipilih, noise reduksi, overlay dan pratinjau, pengaturan Stop otomatis dan lainnya. Semua fitur ini sangat melengkapi proses pengambilan video pada Virtualdub. Uniknya adalah Virtual Dub bisa memproses hasil video dari Canon yang berformat AVI.

pexels.com

Perakitan Video

Pada aplikasi Virtual Dub anda juga bisa melakukan perakitan video dari berbagai file gambar. Formatnya adalah Truevision TGA atau kita juga mengenal dengan Windows Bitmap. Untuk setiap frame nantinya harus diberikan nama nama yang berurutan misalnya 001.BMP 002.BMP 003.BMP dan seterusnya. Dengan file tersebut maka frame ratenya bisa disesuaikan. Dengan virtual dub, Anda juga bisa membongkar video dengab cara melakukan pengekstrakkan trek suara, penyimpanan frame di file Truevision TGA ataupun Windows Bitmap.

Mengedit

Dengan aplikasi Virtual Dub anda bisa menghapus bagian bagian dari file video, menambahkan bagian video yang baru dan juga melakukan penyusunan ulang atas bagian bagian video yang ada. Untuk menambahkan bagian video ini pastikan harus memiliki format audio dan video, memiliki frame rate yang tepat dan juga satu rupa sampling. Karena apabila hal ini tidak diperhatikan maka aplikasi Virtual Dub ini tidak bisa melakukan pencampuran file video dan juga penambahan efek transisi antar bagian bagiannya.

Pemrosesan video

VirtualDub juga telah menghadirkan beberapa filter yang mendukung proses editing anda. Beberapa filter tersebut busa memberikan efek konversi warna skala abu abu, melakukan rotasi, melakukan pemotongan, mengubah ukuran, mengatur kontras dan lainnya. Virtualdub ini juga merupakan aplikasi alat open-source yanh cukup baik khususnya untuk melakukan  proses editing video linear. VirtualDub banyak digunakan untuk pemberian efek estetis seperti pembersihan foto, memberikan kualitas gambar yang tajam, penghapusan noda pada metode denoising, manipulasi bidang, deinterlacing, deflickering, deshaking, penghapusan logo dan lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *