Pengertian dan Fungsi Daun bagi Tumbuhan

Tumbuhan memiliki beberapa bagian yang masing-masing memiliki fungsi sendiri, yaitu akar, batang, daun, bunga, dan buah. Tulisan ini akan membahas secara khusus mengenai pengertian dan fungsi daun.

Pengertian Daun

Daun adalah salah satu organ utama yang terletak pada batang atau ranting tanaman dengan bentuk yang pada umumnya tipis dan lebar serta berwarna hijau. Bentuk dan warna daun ini berkaitan dengan fungsinya.

Tumbuhan termasuk kelompok organisme autotrof obligat yang artinya harus memenuhi kebutuhan energinya sendiri. Daun berwarna hijau karena mengandung klorofil yang berfungsi menangkap cahaya matahari dan mengubahnya menjadi energi kimia melalui proses fotosintesis.

Sebuah daun yang lengkap memiliki beberapa bagian, yaitu pelepah, tangkai, dan helai daun. Jika ada satu bagian yang tidak dimiliki, daun tersebut dinamakan daun tak lengkap.

Fungsi Daun

Daun memiliki beberapa fungsi penting untuk tumbuhan, yaitu sebagai:

  • tempat terjadinya proses fotosintesis;
  • alat respirasi atau pernapasan;
  • pengatur penguapan air (transpirasi) melalui stomata dan kutikula.
  • tempat berlangsungnya gutasi, yaitu keluarnya tetesan-tetesan air/cairan tanpa ada perlukaan.
  • alat reproduksi vegetatif, yaitu proses memperbanyak tanaman tanpa pembuahan.

Itulah beberapa fungsi daun yang penting bagi kelangsungan hidup tumbuhan. Daun juga penting bagi manusia karena merupakan bagian tanaman yang biasanya kaya akan kandungan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *