Cara Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah

Siapa yang tidak kenal jajanan pasar yang satu ini? Ya, klepon. Merupakan salah satu jajanan pasar yang masih eksis hingga saat ini. Selain harganya yang murah dan bentuknya yang unik, klepon juga memiliki rasa yang khas.

Saat kita memakannya kita akan menikmati sensasi lembutnya tekstur kulit, saat kita menggigitnya maka gula cair yang dialaminya meleleh membuat rasanya jadi manis dan lembut. Sungguh menggoda selera, makanan ini di bagian luar diberi topping berupa parutan kelapa.

Perpaduan rasa asin dari kelapa dan maniS dari gula meleleh menjadi satu kesatuan. Dalam satu pack biasanya klepon terdiri dari tiga butir. Dimana satu butirnya berukuran sebesar kelereng besar. Nah, ternyata makanan enak ini juga bisa dibuat di rumah lho!. Caranya juga sangat mudah. Simak penjelasannya.

Bahan Bahan

500 gram tepung ketan (rose brand)

4 sdm tepung beras (rose brand)

1 sachet vanili

1 cup gula merah

Pewarna makanan (usahakan hijau muda)

2 sdm gula pasir

1/2 sdt garam halus

1/2 butir kelapa muda siap parut

Air hangat sbg pelarut (secukupnya)

Cara pembuatan

  1. Pertama-tama anda harus menyiapkan daftar bahan yang diperlukan seperti yang sudah disebutkan diatas.
  2. Lalu masukkan beberapa bahan seperti tepung beras, tepung ketan, gula, garam dan vanili ke dalam sebuah baskom yang cukup besar.
  3. Bahan Bahan tadi dicampur dan diaduk kering hingga merata.
  4. Setelah bahan tercampur, selanjutnya anda bisa menambahkan air hangat sedikit demi sedikit ke dalam adonan tersebut
  5. Uleni adonan tersebut dengan tangan hingga lembut sembari menambahkan pewarna makanan hijau secukupnya
  6. Terus uleni bahan tersebut hingga warna merata dan kalis yaitu adonan tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah.
  7. Selanjutnya anda buat topping parutan kelapa dengan cara, parut kelapa muda dan tambahkan garam lalu aduk hingga merata. Selanjutnya parutan kelapa tersebut dipukul hingga matang. Tujuan mengukus kelapa yaitu agar tidak mudah basi dan rasanya tetap gurih. Agar lebih mudah sebaiknya parutan kelapa yang hendak dikukus dimasukkan ke dalam wadah plastik agar tidak tercecer.
  8. Sembari menunggu kukusan kelapa, anda bisa memanaskan satu liter air hingga mendidih.
  9. Kembali ke adonan tadi, Selanjutnya anda bisa membentuk adonan tadi caranya dengan mengambil sedikit adonan tadi lalu dibentuk bulatan bulatan kecil kemudian dipipihkan. Setelah pipih anda bisa menambahkan dengan potongan gula merah dialaminya.
  10. Selanjutnya tutup gula merah tersebut dengan cara membentuk bulat menyerupai kelereng.
  11. Jika sudah siap, masukkan adonan yang sudah dibentuk tadi ke dalam air yang sudah mendidih. Tipss untuk membuat bulatan yang sempurna adalah setiap jadi satu bulatan langsung dimasukkan ke dalam air mendidih.
  12. Masak bulatan tadi hingga mengambang ke permukaan.
  13. Selanjutnya biarkan adonan tadi sampai tanak. Jika sudah matang dan tanak, anda bisa mengangkat dan meniriskan agar kandungan airnya berkurang.
  14. Klepon tadi kemudian digulingkan pada kelapa parut yang sudah dikukus. Usahakan untuk ditaburi kelapa dalam keadaan panas agar kelapa menempel secara sempurna.
  15. Klepon sudah jadi dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *