Pembuatan Ikan Asin Jambal

Ikan asin jambal merupakan olahan berbahan dasar ikan yang diasinkan dengan garam dan kemudian dikeringkan sehingga awet dan memiliki citarasa yang cukup unik. Ikan asin jambal roti pada umumnya disajikan sebagai teman makan nasi putih dan juga sambal. Adapun ikan asin jambal juga sangat mudah ditemukan dengan harganya yang lebih murah. Nah bagi Anda yang ingin membeli ikan asin jambal, sebaiknya Anda harus pandai dalam memilihnya, karena da beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang menambahkan formalin pada ikan asin jambal.

Ikan asin jambal merupakan ikan asin yang cukup terkenal dan memiliki penggemar yang cukup banyak. Ikan asin jambal roti adalah salah satu jenis ikan asin yang cukup elit dengan rasa yang luar biasa dibandingkan dengan jenis ikan asin yang lainnya. Harga ikan asin jambal pun bisa cukup mahal mulai dari Rp 65 ribu hingga Rp 85 ribu untuk setiap kilogramnya. Untuk ikan asin jambal dengan kualitas super bakan harganya lebih mahal lagi.

Sebenarnya cara pembuatan ikan jambal cukuplah mudah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni takarannya yang harus pas antara garam dan juga bahan baku yang lain. Untuk ikan asin jambal dapat dibuat dengan dua jenis bahan baku yakni ikan kadukang dan juga ikan manyung. Berikut adalah cara pembuatan ikan jambal:

  • Bersihkan kotoran ikan hingga benar-benar bersih.
  • Setelah kotorannya dibersihkan, masukkan garam di perut ikan. Selanjutnya And dapat mendiamkan ikan selama kurang lebih 3 hari.
  • Setelah 3 hari, belah ikan dan bersihkan kembali sampai benar-benar bersih.
  • Kemudian jemur hingga kering.
  • Adapun rata-rata 1 kg bahan baku ikan basah akan menyusut menjadi 3 ons setelah dikeringkan dan menjadi ikan asin jambal. Penyusutan ikan asin yang mencapa 70% inilah yang menjadikan salah satu faktor mahalnya harga ikan asin jambal.
  • Setelah ikan asin jambal sudah jadi, maka Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai olahan ikan asin yang lezat baik untuk hidangan maupun untuk teman makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *