Menyenangkan: 5 Cara Memandikan Kucing

Membahas mengenai hewan peliharaan akan membawa pikiran menuju hewan manis yang satu ini. Selain terkenal dengan sikap dan bulunya yang cantik. Kucing kerap kali dikaitkan dengan mitos keberuntungan. Berbeda dari anjing yang populer dengan sikap setianya. Kucing mempunyai nilai special akan sifat manjanya. Ketika Anda memutuskan untuk memelihara kucing. Berarti harus siap akan konsuekuensi yang harus dijalankan. Bukan hanya mengenai menyisir bulu agar terhindar dari kutu. Anda juga dituntut untuk tahu cara mewaratnya.

Tidak berhenti disini karena makanan serta kontrol pada dokter hewan jadi rutinitas yang harus dilakukan. Namun, sekarang Anda sudah termudahkan oleh jasa perawatan kucing. Nah, bagi Anda yang memang ingin memandikan kucing seorang diri. Maka, lakukan langkah sebagai berikut:

  1. Gunakan air bersih

Penggunaan air bersih untuk membasahi seluruh tubuh si kucing. Usahakan agar air tetap dalam keadaan mengalir. Hal ini meminimalisir perkembangan kuman. Setelah itu usahakan semua bagian tubuh bahas oleh air.

  1. Gunakan shampo

Berikutnya gunakan shampo khusus kucing. Anda tidak boleh menggunakan shampo sembarang karena kulit kucing yang cukup sensitif. Jika ada tak tahu mengenai jenisnya Anda bisa menanyakannya pada profesional. Balurkan shampo secara merata. Sebab, ia berfungsi untuk membersihkan kulit dari berbagai kuman. Sehingga, ketika Anda menggunakan jenis shampo sembarang akan membahayakan kondisi kulit itu sendiri.

  1. Membilas

Lanjutkan dengan pembilasan secara merata. Anda harus hati-hati agar air tidak masuk pada mata ataupun telinga kucing. Jika perlu tutup lubang pada tubuh kucing sebelum mandi. Hal ini untuk menghindari infeksi pada telinga.

  1. Pengeringan

Selanjutnya pengeringan bulu sampai benari-benar kering. Anda harus sabar melakukan proses tersebut. Sebab, temperatur dari mesin harus tetap dalam keadaan sama. Jangan sampai terlalu tinggi karena bulu bisa terbakar olehnya.

  1. Membersihkan telinga

Terakhir lakukan pembersihan pada telinga kucing. Poin ini wajib dilakukan sebagai penyempurnaan mandi. Perlu diingat bahwa telinga kucing mempunyai risiko penyakit cukup besar. Jadi, kebersihan area itu harus selalu dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *