Poin Penting Dalam Memenangkan Persaingan Saat Membuka Kedai Kopi

Membuka kedai kopi tidak sesederhana yang dibayangkan. Memang Anda bisa membukanya dimanapun. Namun apakah Anda yakin jika mampu memenangkan persaingan dengan kompetitor?

Persaingan bisnis warung kopi bisa dikatakan sangat ketat. Faktanya, banyaknya penikmat kopi membuat sebagian besar pengusaha masuk ke dalamnya. Yakni menyediakan tempat khusus bagi penikmatnya.

Hal ini diperketat dengan kemunculan barista-barista yang memiliki skill khusus dalam menyeduh kopi. Keterampilan inilah yang kemudian memunculkan ciri khas dari sebuah kedai. Akhirnya, para pelanggan semakin membanjiri kedai tersebut.

Meskipun banyak pengusaha yang membuatnya, jangan pernah surut nyali Anda. Anda masih bisa meraup untung dari bisnis tersebut. Caranya dengan membuat inovasi yang membedakan kedai Anda dengan kedai lainnya.

pexels.com

Poin Penting Dalam Membuka Bisnis Kedai Kopi

Banyak hal yang harus dipelajari ketika membuka usaha warung kopi. Pembelajaran ini dilakukan untuk membuat usaha semakin maju. Artinya, Anda tidak hanya sekedar membuat lapangan usaha yang untungnya stagnan.

Ada hal yang sebaiknya dipertimbangkan. Poin terpenting adalah konsep dari kedai kopi itu sendiri. Konsep inilah yang nantinya akan mewakili karakteristik dari pelanggan utama.

Membuat konsep kedai kopi ini juga tidak sembarangan. Anda perlu melihat target pasarnya. Jika tidak mencermatinya, konsep yang Anda buat malahan akan sepi pengunjung.

Beberapa orang kadang memandang bahwa kedai yang Anda buat tidak sesuai dengan karakternya. Bahkan kadang terkesan untuk orang-orang berduit. Akhirnya, pelanggan takut untuk memasuki kedai.

Kunci utama dari konsep yang dibuat tak lain untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Di sini, prilaku pelangganlah yang harus diperhatikan. Jika sudah, Anda bisa membuka kedai kopi di tempat yang sudah direncanakan.

pexels.com

Contoh Konsep Kedai Kopi

Ada banyak sekali konsep yang bisa dibuat oleh calon pengusaha warung kopi. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Konsep Ruang Minimalis

Konsep pertama adalah konsep ruang minimalis. Konsep ini dibuat untuk memberikan kesan lebih akrab dengan penjualnya. Yakni dengan membuat sebuah ruangan yang praktis, dekat dengan penjualnya.

Konsep seperti ini memungkinkan pelanggan bisa melakukan pemesanan dengan mudah. Tinggal duduk di tempat yang disediakan, pelanggan bisa melakukan pemesanan dari tempat tersebut.

  1. Konsep Outdoor

Konsep kedua adalah outdoor. Konsep ini sangat menarik di kalangan para penikmat kopi. Terutama bagi kawula muda yang suka menghabiskan waktu kosongnya.

Ruangan dibuat untuk tempat penyajian dan pemesanan kopi saja. Sementara area luar digunakan untuk para pelanggan dalam menikmati kopinya. Biasanya, ada beberapa kursi yang ditempatkan khusus di depan tempat pemesanan.

pexels.com

Pertimbangan Dalam Membangun Kedai Kopi

Selain konsep, pemilik usaha perlu mempertimbangkan berbagai hal untuk mendukung kenyamanan pelanggan. Ketika pelanggan merasa lebih nyaman, pelanggan akan semakin banyak dan loyal.

Ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan oleh pemilik kedai. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Tempat

Tempat atau lokasi kedai ini perlu difikirkan. Lokasi yang menenangkan biasanya sangat pas. Karena penikmat kopi biasanya butuh suasana yang bisa menentramkan.

Kebanyakan penikmatnya datang untuk bersantai. Sembari menikmati kopi, suasana santai dan menentramkan akan menjadi pengobat kegundahan atau kepenatan. Makanya, tempat yang lebih tenang agaknya sangat pas untuk digunakan.

  1. Pelayanan

Pertimbangan lainnya adalah pelayanan. Sebagai penjual, usahakan untuk memberikan pelayanan yang prima. Ramah dan santun adalah hal yang wajib dimilikinya.

Pelayanan yang prima akan membuat pelanggan semakin jatuh cinta. Tidak jarang jika pelanggan akan merekomendasikan kedai Anda pada teman-temannya. Dan ini bisa sekaligus menjadi promosi gratis untuk kemajuan bisnis.

Contoh pelayanan yang baik adalah membuat konsumen tidak lama menunggu hasil pesanan. Bahkan sangat cepat dalam proses transaksi atau pembayaran. Untuk memudahkan proses transaksi seperti ini, dibutuhkan perhitungan yang cepat. Salah satunya menggunakan aplikasi yang bisa didapatkan di goaccuratesoft.com.

  1. Variasi Kopi

Pertimbangan lainnya adalah menyediakan variasi jenis kopi. Perlu diingat bahwa penikmat kopi itu banyak sekali. Penikmatnya kadang memiliki opsi sendiri terkait kopi yang ingin dinikmati.

Ada espresso, latte dan kopi hitam. Kesemuanya memiliki peminat sendiri. Dan bila Anda menyediakan variasinya secara lengkap, sudah pasti cakupan pelanggannya akan semakin luas.

Untuk membuat variasi kopi, Anda butuh orang yang bisa meracik kopi dengan baik. Karena dari tangannya, kopi yang disuguhkan menjadi semakin nikmat.

Kesimpulannya, kenali target pasar Anda. Kemudian buatlah konsep kedai yang menjadi ciri khas. Dengan begitu, usaha membuka kedai kopi Anda akan dikenal dan lebih maju dibanding yang tidak memiliki konsep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *