Mengapa Perusahaan Wajib Punya ISO 45001 ? Simak Alasannya

Sudah tahukah Anda bahwa semua perusahaan baik skala kecil maupun besar wajib memiliki ISO 45001? Nah, sebagian besar dari kita tentu sudah sering mendengar istilah yang satu ini. Seperti yang diketahui ISO 45001 merupakan sebuah Standar Internasional pertama untuk bidang kesehatan dan keselamatan kerja yang baru-baru ini diterbitkan oleh ISO.

Secara umum ISO 45001 ini memuat tentang persyaratan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja atau biasa disingkat dengan nama SMK3. Sesuai dengan namanya, standar yang baru dikeluarkan oleh ISO ini khusus menangani tentang permasalahan terkait kesehatan dan juga keselamatan karyawan. Lalu apa saja manfaat ISO 45001 bagi sebuah perusahaan? Simak ulasannya berikut.

Informasi Tentang Standar ISO 45001

pixabay.com

Pengertian ISO 45001

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, ISO 45001 merupakan Standar Internasional yang menetapkan persyaratan terkait kesehatan dan keamanan kerja (SMK3). Dengan adanya sistem ini bisa dijadikan sebagai panduan untuk para perusahaan lebih proaktif dalam meningkatkan kinerja SMK3 sehingga dapat mencegah terjadinya cedera atau terluka akibat kerja.

Perlu diketahui, ISO 45001 ini dimaksudkan untuk semua jenis perusahaan terlepas dari ukuran dan juga sifatnya. Diharapkan dengan ISO 45001 ini perusahaan dapat mengintegrasikan dengan sistem sehingga keamanan dan keselamatan kerja dapat tercapai dengan baik. Namun satu hal yang perlu dicatat, masing-masing negara memiliki aturan hukum yang berbeda dan harus ditaati oleh setiap perusahaan.

Apakah Perusahaan Membutuhkan ISO 45001?

Sebagian besar dari Anda mungkin bertanya-tanya apakah perusahaan membutuhkan ISO 45001 dalam menjalankan bisnisnya. Sebenarnya keputusan dalam mendapatkan sertifikat ISO 45001 ini tergantung pada masing-masing perusahaan.

Namun satu hal yang perlu dipahami bahwa sebuah perusahaan yang ingin berkembang secara internasional atau yang memang benar-benar ingin menunjukkan kepatuhan nya dalam standar global. Disarankan untuk menerapkan atau mendaftarkan sertifikat keamanan dan keselamatan kerja atau ISO 45001 ini.

Ketahui Manfaat ISO 45001 Bagi Perusahaan

pexels.com

Manfaat Langsung Bagi Perusahaan

Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan yang memiliki sertifikat ISO 45001. Untuk manfaatnya sendiri terbagi menjadi dua kategori yakni manfaat secara langsung dan manfaat tidak langsung. Nah, langsung saja, berikut ini beberapa manfaat langsung memiliki ISO 45001, yaitu:

  1. Dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam menanggapi isu-isu terkait kepatuhan terhadap peraturan.
  2. Perusahaan dapat mengurangi biasa keseluruh insiden dalam produksi
  3. Dapat mengurangi downtime dan juga biaya gangguan pada saat operasi
  4. Mengurangi biasa premi asuransi yang biasanya diberikan perusahaan pada karyawan.
  5. Dapat mengurangi absensi yang dilakukan karyawan karena sakit atau kecelakaan saat kerja.
  6. Dapat menjadi bukti atau pengakuan bahwa telah mencapai standar internasional

Manfaat Tidak Langsung Bagi Perusahaan

Selain mendapatkan manfaat secara langsung, ternyata perusahaan yang menerapkan ISO 45001 juga akan mendapatkan manfaat secara tidak langsung. Biasanya manfaat tidak langsung ini diperoleh dalam jangka panjangnya. Nah, berikut ini beberapa manfaat tidak langsung dari penerapan ISO 45001, antara lain:

  1. Adanya ISO 45001 perusahaan mampu membangun proses yang sistematis sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan pada saat bekerja. Selain itu perusahaan juga dapat memperhitungkan risiko dan bahaya serta persyaratan hukum terkait sistem manajemen K3.
  2. mampu menentukan bahaya dan risiko yang berkaitan dengan kegiatan produksi serta berusaha untuk menghilangkan bahaya dan risiko tersebut.
  3. Perusahaan dapat membangun pengendalian operasional sehingga mampu mengelola risiko dan bahaya serta peraturan terkait SMK3.
  4. Dapat meningkatkan kesadaran mengenai bahaya dan risiko dalam lingkungan perusahaan.
  5. Dapat dengan mudah mengevaluasi kinerja Sistem Manajemen K3 dan selalu berusaha untuk memperbaiki sistem secara terus-menerus.
  6. Dapat menjadi bukti bahwa perusahaan tersebut memberikan tempat kerja yang aman dan nyaman untuk para pekerjanya.

Setelah mengetahui begitu banyaknya manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penerapan ISO 45001, rugi rasanya jika Anda tidak mendaftar sekarang. Perlu diketahui bahwa salah satu bukti bahwa perusahaan telah sesuai dengan standar internasional yakni memiliki Sertifikat ISO 9001. Dengan adanya pengakuan secara internasional tentu semakin memudahkan perusahaan Anda untuk berkembang.

Demikian sedikit ulasan tentang ISO 45001 yang wajib untuk diterapkan oleh seluruh perusahaan baik skala kecil maupun besar. Semoga sedikit informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda terkait Sertifikat ISO 9001 sehingga mampu mengembangkan perusahaan dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *