Inilah Ciri-Ciri Negara Maju

Apa sih yang dimaksud dengan negara maju? Definisi dari negara maju adalah istilah untuk negara yang memiliki standar hidup yang relatif tinggi di bidang teknologi dan ekonomi yang merata. Dapat dikatakan bahwa negara maju memiliki kualitas hidup dan tingkat kesejahteraan yang tinggi. Sebuah negara dikatakan sebagai negara maju ketika memenuhi beberapa indikator dan kriteria yang telah ditentukan. Untuk menggali lebih lanjut, inilah ciri-ciri negara maju.

 

Ciri-ciri Negara Maju

Negara yang kaya tidak pasti bisa dibilang sebagai negara maju. Ada beberapa indikator yang perlu dipenuhi sebelum sebuah negara dapat dikatakan sebagai negara maju. Berikut adalah ciri-ciri negara maju.

  1. Angka pengangguran yang rendah

Ini merupakan ciri yang paling mudah digunakan sebagai indikator. Perekonomian negara tidak dapat dikatakan maju apabila lapangan kerja dan jumlah wirausaha masih rendah. Berbeda dengan negara berkembang, orang-orang yang pengangguran di negara maju akan mendapatkan jaminan sosial dari pemerintah. Sebagian besar orang yang mendapatkan jaminan sosial ini akan merasa malu dan pada akhirnya termotivasi untuk segera mendapatkan pekerjaan secepat mungkin.

 

  1. Memiliki pendapatan per kapita yang tinggi

Pendapatan per kapita suatu negara biasanya digunakan sebagai indikator secara internasional. Data ini akan menunjukkan pendapatan rata-rata penduduk selama setahun di negara tersebut.

 

  1. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat

Di negara maju, sumber daya manusia memiliki kualitas yang tinggi, baik di bidang pendidikan, penelitian, kesehatan, dan sebagainya. Selain itu, pemerintah memberikan fasilitas bagi sektor ini agar tercipta inovasi-inovasi yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan negara yang sifatnya aplikatif, seperti di bidang militer, kesehatan, dan banyak lagi.

 

  1. Memiliki industri dan jasa sebagai sektor perekonomian utama

Industri di negara maju biasanya memproduksi barang-barang yang memiliki nilai jual tinggi, seperti pesawat terbang, mobil, dan elektronik lainnya. Sedangkan di sektor jasa, masyarakat di negara maju banyak yang bekerja di bidang pendidikan, konsultan, dan keuangan.

 

Itulah ciri-ciri negara maju yang secara umum digunakan sebagai indikator untuk negara maju. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *