Indahnya Air Terjun Cikaso Di Sukabumi

Air terjun yang juga dikenal dengan nama Curug Cikaso ini terdiri dari tiga air terjun yang mengalir berdampingan. Di bawahnya terdapat kolam yang berwarna hijau kebiruan yang terbilang luas. Kamu bisa dengan jelas melihat dua titik air terjun, sedangkan air terjun yang satunya tersembunyi di balik tebing. Untuk sampai ke lokasi air terjun yang terletak di Sukabumi ini, aksesnya cukup mudah karena kamu tak perlu berjalan jauh untuk sampai di lokasi utama air terjun. Ada perahu yang bisa kamu naiki untuk sampai ke air terjun Cikaso ini. Ketiga air terjun ini memiliki nama khusus, yakni Curug Asepan yang berada paling kiri, Curug Meong untuk air terjun yang di tengah, dan Curug Aki untuk air terjun yang berada di kanan. Ketiga air terjun ini memiliki tinggi sekitar 80 meter dan lebar sekitar 100 meter. Aliran air dari air terjun Cikaso mengalir terus dan bermuara di Sungai Cikaso hingga ke Samudera Hindia.

Air terjun ini tepatnya terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Air terjun ini terletak di pesisir barat daya pulau Jawa dan tak jauh dari pantai. Air terjun yang memiliki kolam berwarna hijau kebiruan ini terletak sejauh 110 kilometer dari pusat kota Sukabumi, 70 kilometer dari Pelabuhanratu, dan 32 kilometer dari Ujung Genteng, pantai indah yang terkenal di Sukabumi. Air terjun Cikaso memiliki kolam sedalam 15 meter sehingga tergolong bahaya untuk berenang di sini. Ada pengawas yang mengawasi setiap pengunjung yang berenang.

Untuk mencapai air terjun Cikaso, kamu bisa berkendara dari pertigaan pasar Cinagen, Jampang Kulon, memasuki Cikaso sejauh kurang lebih 5 kilometer. Jalur kedua bisa ditempuh dari Cibarehong ke arah SMAN 1 Surade lalu masuk ke kiri sejauh sekitar 3 kilometer dari pertigaan Cibarehong. Kondisi jalan raya di sini cukup sulit, karena itu pastikan kendaraan kamu dalam kondisi yang baik karena jalanan banyak berlubang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *