Belajar Menghafal Dongeng dalam Bahasa Inggris Secara Mudah

Belajar bahasa inggris merupakan aktivitas yang seru dan menyenangkan. Namun belajar bahasa inggris juga masih terasa sulit dan membosankan terutama bagi anak-anak. Tak perlu khawatir karena belajar bahasa inggris semakin mudah melalui dongeng. Melalui dongeng bahasa inggris, anak-anak bisa memahami bahasa inggris secara lebih mudah dan tetap menyenangkan. Sebab pemakaian bahasa inggris dalam dongeng tidaklah begitu berat sehingga cepat dipahami.

Melalui dongeng, belajar bahasa inggris bisa lebih mudah menyasar pada semua usia mulai dari anak-anak balita hingga mahasiswa. Pemakaian dongeng untuk anak-anak balita dan paud biasanya bertujuan untuk memperkenalkan kosakata baru dengan mudah.

Sedangkan bagi anak-anak usia sekolah hingga mahasiswa, dongen dalam bahasa inggris bisa menjadi fitur pembelajaran yang menarik dan memberikan rasa rileks.

Ciri-Ciri Dongeng dalam Bahasa Inggris

Pixabay.com

Masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing dengan berbagai judul dongeng dalam bahasa Indonesia. Karena dongeng tersebut sering terdengar sejak seseorang berusia balita. Tetapi berbeda dengan dongeng dalam bahasa inggris yang mungkin baru sering ditemukan pada jenjang sekolah. Kini semakin banyak orangtua yang membacakan dongeng dalam bahasa inggris kepada buah hatinya untuk memperkenalkan berbagai kosa kata bahasa inggris.

Baik dongeng bahasa Indonesia maupun dongeng yang menggunakan bahasa inggris sebetulnya memiliki perbedaan dan persamaan. Namun untuk membedakan keduanya terdapat ciri-ciri dongeng dalam bahasa inggris yang perlu anda ketahui berikut ini.

1. Memakai Kalimat Lampau

Dongeng dalam bahasa Inggris biasanya memakai kalimat lampau. Biasanya pada dongeng bahasa indonesia ciri ini tidaklah baku harus memakai kata lampau karena bisa diganti dengan improvisasi lainnya. Untuk itulah dongeng dalam bahasa inggris biasanya juga diawali dengan kata dan kalimat lampau seperti “long time ago”, “once upon a time” dan lain sebagainya.

2. Memakai Tokoh Mitos, Fiktif dan Punya Hiperbola

Perlu diketahui bahwa dongeng yang menggunakan bahasa inggris biasanya mempunyai tokoh-tokoh mitos, fiktif serta terdapat hiperbola. Sedangkan dalam dongeng bahasa indonesia tidak terdapat penokohan tersebut karena yang sering digunakan adalah tokoh raksasa, binatang, dan lain-lain. Tak heran jika dongeng dalam bahasa inggris sering ditemui tokoh berupa kurcaci, pangeran, putri salju, dan lain sebagainya.

3. Memakai Grammar Past Perfect Tense

Dongeng dalam bahasa inggris memakai grammar past perfect tense untuk menjelaskan kejadian masa lampau. Selain itu digunakan juga past perfect continues tense untuk menjelaskan sebuah kejadian fiktif masa lampu dan tetap berjalan selama beberapa tahun di masa lampau.

Tips Belajar Menghafal Dongeng dalam Bahasa Inggris

Pixabay.com

Dongeng merupakan sebuah cerita yang menjelaskan mengenai peristiwa yang runtut dan memiliki daya tarik tersendiri terutama bagi anak-anak. Seiring dengan meningkatnya kesadaran belajar bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Maka hal tersebut mendorong siapa saja untuk terus meningkatkan kemampuan berbahasa inggris terutama menghafal dongeng.

Sebuah dongeng akan terdengar seru dan menarik jika disampaikan dengan mimik wajah serta bahasa tubuh sesuai jalan cerita. Tentunya menghafal dongeng bahasa inggris tidak semudah yang dibayangkan. Namun tak perlu khawatir sebab berikut akan dijelaskan tips belajar dongeng dalam bahasa inggris yang bisa anda praktikkan.

1. Cerita

Ketika ingin belajar menghafal dongeng maka carilah dongeng yang menarik dan mudah disampaikan. Kemudian silakan pelajari dan kuasai jalan cerita dalam dongeng tersebut sehingga anda lebih mudah menangkap konsep dan inti cerita dalam dongeng.

2. Kesiapan

Saat anda belajar menghafal dongeng pasti akan muncul rasa grogi atau gugup terutama jika dongeng tersebut akan dilombakan atau dinilai. Supaya anda lebih siap dan mudah menghafal dongeng maka sebaiknya sering-seringlah berlatih menceritakan dongeng di depan cermin.

Melalui cara ini anda bisa melihat mimik muka, gerakan tubuh serta volume suara yang dalam. Bila anda ingin mencoba berlatih secara lebih menantang maka silakan berlatih dihadapan orang-orang sekitar anda sehingga anda bisa memperoleh masukan.

3. Memberikan Variasi

Supaya sebuah dongeng dalam bahasa inggris terdengar lebih menarik maka anda perlu memberikan variasi saat menyampaikannya. Dimana variasi tersebut bisa berupa nada, gerakan tubuh, volume suara, tekanan, ritme, kecepatan suara serta artikulasi.

Untuk variasi gerakan tubuh anda bisa melakukan tindakan seperti berlari di tempat, terkejut, sedih, tertawa dan lain sebagainya. Variasi gerakan tersebut sangat penting untuk meningkatkan rasa penasaran pendengar dongeng.

4.  Pronouncation atau Tata Ucap

Karena dongeng yang akan anda sampaikan menggunakan bahasa inggris maka anda perlu memperhatikan tata ucap secara tepat dan benar. Anda bisa belajar tata ucap tersebut melalui kamus bahasa inggris karena terdapat cara tata ucap yang benar. Selain itu sering-seringlah menyaksikan film berbahasa inggris lalu tirukan pengucapan tokoh dalam film tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai belajar menghafal dongeng bahasa inggris secara mudah yang bisa menambah wawasan anda. Bila anda masih kesulitan belajar sendiri menghafal dongeng dalam bahasa inggris sebaiknya tak perlu khawatir. Sebab anda bisa mengikuti kursus bahasa inggris di Kampung Inggris Kediri. Dimana Kampung Inggris tersebut siap membantu anda belajar bahasa inggris secara lebih seru, mudah dan menarik termasuk belajar menghafal dongeng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *