Melon Crown, Tanaman Melon Termahal di Dunia

Melon crown, atau biasa disebut “Shizuoka Crown Melon” merupakan tanaman melon termahal di dunia. Melon crown berasal dari kota Fukuroi, Shizouka. Dengan harga di atas 1 juta rupiah per buah, melon crown memiliki harga puluhan lipat dari rata-rata harga melon pasaran, yang harga satuannya tidak sampai Rp50.000,-.

Melon crown dibudidayakan dengan teknik canggih oleh penanam dan ditanam sepenuhnya di rumah kaca. Oleh karena itu, cita rasa melon crown hadir karena keahlian petani yang luar biasa, yang bertahan dari generasi ke generasi.

Alasan Mengapa Harga Melon Crown Sangat Mahal

Pasti banyak yang bertanya-tanya, kenapa melon crown sangat mahal? Berikut penjelasannya!

  1. Iklim yang Cocok

Wilayah Fukuroi, dikenal sebagai salah satu tempat yang paling lama terkena sinar matahari di Jepang. Alasan inilah yang membuat Fukuroi merupakan tempat yang cocok untuk melon. Melon crown ditanam di rumah kaca, karena kaca membiarkan sinar matahari masuk dengan baik, kaca juga berguna untuk melon yang membutuhkan cahaya lebih lanjut untuk tumbuh lebih baik.

Kacanya pun dibuka dan ditutup secara otomatis menggunakan komputer, guna menjaga suhu dan kelembaban yang maksimal. Hal tersebut sangat penting, karena sangat mempengaruhi bentuk pohon, ukuran buah, dan pola jaring pada lahan. Melon crown diproduksi oleh profesional yang terampil dan hal ini.

  1. Teknik Budidaya yang Rumit

Melon crown dibudidayakan di lahan terpisah. Metode ini membuat para petani mampu mengontrol jumlah air dan pupuk yang diberikan kepada setiap pohon. Selain itu, kebijakan “satu pohon, satu buah” adalah kunci yang membuat melon crown memiliki kualitas tinggi.

Para petani menyirami air sekali atau dua kali setiap hari selama 100 hari mulai dari bibit sampai panen. Para petani juga merawat melon seperti anak mereka sendiri, yang berakibat setiap melon memiliki karakter yang berbeda.

  1. Lulus Seleksi Ketat

Hanya melon yang lulus inspeksi yang ketat yang dapat menerima gelar “melon crown”. Dalam pengiriman, melon crown dikemas dengan cermat oleh masing-masing petani dan dikumpulkan pada suatu tempat.

Lalu akan diuji tingkat kesegaran, kadar gula, rasa, dan kematangan oleh para penguji khusus dan hanya melon yang memenuhi standar tersebut yang akan dikirim ke tujuan. Nantinya, label mahkota akan diletakkan pada melon crown satu per satu, lalu nomor penanam juga tercantum pada label agar pelanggan mengetahui siapa yang menanam setiap melon tersebut.

Itulah penjelasan mengenai melon crown, tanaman melon termahal di dunia. Semoga ilmu yang didapat bermanfaat untuk masa depan budidaya melon di Indonesia agar lebih baik lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *