Cara Membuat Motor Kencang Melalui Karburator, Dijamin Wuzz

Penggemar otomotif, khususnya sepeda motor, pasti ingin memiliki sebuah motor dengan modifikasi ciamik. Tak hanya itu saja, mereka juga ingin memiliki sepeda motor dengan kecepatan di atas rata-rata. Jadi tidak heran jika banyak pecinta sepeda motor yang sering mengutak atik kendaraan mereka guna mendapatkan tampilan sesuai dengan impian dengan kecepatan yang pas dengan keinginan. Tak jarang pula mereka harus merogoh kocek yang sangat banyak guna memenuhi obsesinya tersebut. Bahkan jika ada komponen modifikasi ataupun setelah mesin yang tidak sesuai, pecinta otomotif tak akan segan untuk merogoh kocek lebih banyak asalkan motor impian bisa diwujudkan.

Berbicara tentang modifikasi motor, ada banyak cara yang bisa dilakukan guna mengubah gaya kendaraan roda dua Anda. Salah satu hal yang paling sering dilakukan adalah dengan mengganti velg. Tak hanya sampai di situ saja, modifikasi juga sering dilakukan dengan mengubah warna motor yang kemudian ditambahkan corak ataupun kombinasi beberapa warna tertentu. Untuk tingkat yang lebih ekstrim lagi, beberapa pecinta otomotif kerap menambah ataupun mengurangi komponen motor standar dan mengganti ataupun menambahkan dengan komponen lain guna mengubah gaya sepeda motor mereka. Tidak heran jika Anda sering melihat motor yang ceper ataupun dengan tambahan roda di belakang sehingga terlihat lebih antik.

Sedangkan untuk urusan kecepatan, pecinta otomotif juga sering terpaksa habis banyak untuk mengobrak abrik komponen mesin agar motor memiliki tarikan yang enak. Sebenarnya, memodifikasi motor agar memiliki tambahan kecepatan tidak apa-apa asal digunakan di tempat yang tepat. Namun berbeda jika Anda memodifikasi mesin motor agar lebih cepat sehingga bisa menang kontes balap liar yang justru bisa membahayakan keselamatan pengendara jalan yang lain. Jadi sebelum memutuskan untuk memodifikasi mesin motor, kami sarankan untuk dipikirkan secara matang dengan mempertimbangkan faktor keselamatan untuk lebih diutamakan.

Cara Bikin Motor Kenceng melalui Karburator

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Salah satu cara yang bisa dilakkan untuk membuat motor lebih cepat adalah dengan menyetel karburator. Cara membuat motor kencang melalui karburator bisa terjadi dengan 4 langkah, apa saja?

  1. Ganti Karbu

Cara pertama ini diklaim menjadi salah satu cara yang paling aman karena Anda ternyata bisa membuat motor kencang tanpa barus melakukan bore up. Alih-alih mengganti setelah karbu motor, Anda justru bisa memilih karburator lain yang memiliki performa pembakaran yang jauh lebih baik daripada karbu motor bawaan standar perusahaan. Pada beberapa tahun yang lalu, karburator bawaan RX King dianggap sebagai salah satu yang terbaik karena telah terbukti bisa mempengaruhi performa motor bebek. Akan tetapi, harga karburator RX King terlampau tinggi mengingat komponen ini sangat langka dan banyak peminatnya. Faktor kelangkaan tersebut diperparah dengan fakta bahwa Yamaha sudah tidak lagi memproduksi varian baru RX King. Alternatif lain untuk mengganti karburator adalah dengan mencari karbu merk Keihin PE 28 atau PE 24 yang merupakan karbu bawaan sepeda motor Honda Sonic.

  1. Ganti Pilot Jet dan Main Jet Karburator

Salah satu faktor mengapa beberapa orang tidak mau mengganti karburator diakibatkan karena harga yang tidak sepadan. Ya, harga karburator RX King, misalnya, sangat tinggi di pasaran sehingga sulit dijangkau oleh kalangan menengah. Cara membuat motor kencang melalui karburator adalah dengan mengganti beberapa komponenya saja, yakni pilot jet dan juga main jet. Dua komponen tersebut berperan penting dalam proses pembakaran bahan bakar. Dengan mengganti kedua komponen tersebut maka proses pengabutan dan pembakaran jauh lebih efektif dan optimal sehingga bisa meningkatkan performa kecepatan.

ilustrasi (photo: pixabay.com)
  1. Setel Ulang Karburator

Cara paling populer dan bisa dibilang klasik adalah dengan menyetel karburator motor Anda. Proses setel karbu pada setiap merk motor berbeda. Yang utama, mekanik harus memasikan proses pembakaran lebih optimal. Sayangnya tidak semua mekanik bisa melakukan hal tersebut, kecuali mereka pernah mengikuti kursus mekanik motor injeksi karena biasanya memiliki pemahaman lebih komprehensif.

  1. Modifikasi Karburator

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk membuat motor menjadi lebih kencang melalui karburator adalah dengan melakukan modifikasi. Karburator sendiri adalah komponen motor yang memiliki fungsi untuk menyalurkan bahan bakar ke ruang pembakaran mesin. Dengan melakukan modifikasi, maka proses pengabutan dan pembakaran pada mesin menjadi lebih optimal.

Itulah empat cara popular untuk membuat menambah kecepatan motor dengan mengutak atik karburator. Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara melakukan modifikasi dan memahami komponen karburator, mengikuti pelatihan atau kursus sangat disarankan. Tapi jika Anda ingin belajar tentang sistem mesin motor injeksi, kursus mekanik motor injeksi perlu dicoba agar memahami bagaimana cara kerja mesin injeksi yang memang tidak menggunakan karburator sebagai salah satu komponen dalam proses pembakaran bahan bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *