Cara Cek Sertifikat Tanah Melalui BPN Online

Sertifikat tanah seringkali dipalsukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, penting untuk cek keasliannya. Anda bisa cek sertifikat tanah yang dimiliki melalui BPN online. Bagaimana caranya? Simak uraian di bawah ini.

Seputar Sertifikat Tanah

Sertifikat tanah merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional sebagai bukti kepemilikan tanah. Bagi siapa saja yang memiliki sertifikat tanah berarti memiliki hak untuk mengelola dan menjualnya kepada orang lain.

Cara Cek Sertifikat Tanah Melalui BPN Online

Cara cek sertifikat tanah sangat mudah dilakukan karena bisa dilakukan melalui BPN online. Tujuan cek sertifikat ini untuk mengetahui keasliannya secara akurat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan melalui BPN online.

  1. Mengunduh Aplikasi

Cara pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Badan Pertanahan Nasional (BPN) online melalui Smartphone. Aplikasi ini bisa diunduh di Play store atau Appstore. Setelah proses pengunduhan selesai maka dilanjutkan dengan menginstalnya.

  1. Cek Sertifikat Tanah

Setelah aplikasi selesai diinstal maka dilanjutkan dengan membukanya di Smartphone. Selanjutnya bisa langsung menuju menu info sertifikat. Setelah dibuka maka akan diarahkan untuk memasukkan nomor HAK.

Selain memasukkan nomor HAK, Anda juga diminta untuk mencantumkan nomor sertifikat dan nomor surat ukur. Setelah itu, Anda sudah bisa melihat dan mengetahui informasi mengenai sertifikat yang dimiliki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *