3 Manfaat Salak Pondoh Bagi Kesehatan

Buah salak merupakan buah asli Indonesia sehingga sangat populer di masyarakat. Buah yang satu ini memiliki kulit tajam berwarna cokelat serta dagingnya berwarna putih. Secara visual memang tidak menarik perhatian, namun siapa sangka ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat salak pondoh bagi kesehatan? Simak uraiannya.

Karakteristik Buah Salak

Buah salak memiliki bentuk seperti telur, bagian bawahnya membulat dan ujungnya meruncing. Kulit dari buah ini bersisik dengan warna cokelat kemerahan atau cokelat kehitaman. Untuk dagingnya berwarna putih kekuningan, bertekstur renyah serta memiliki rasa manis sedikit sepat.

Pada bagian dalam dagingnya terdapat biji berwarna cokelat yang keras dan tidak bisa di makan. Permukaan dari buah salak ditumbuhi duri halus tetapi sedikit tajam. Apabila tidak berhati-hati bisa melukai tangannya ketika membukanya.

Manfaat Salak Pondoh bagi Kesehatan  

  1. Mengatasi Diare

Seseorang yang sedang mengalami diare akan buang air besar (BAB) secara terus menerus sehingga mengakibatkan kekurangan cairan. Masalah ini bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi salak pondoh. Alasannya di dalam salak pondoh terdapat kandungan zat anti diare.

  1. Meningkatkan Kinerja Otak

Jenis salak pondoh di dalamnya memiliki kandungan potasium, beta-karoten, dan pektin yang bisa meningkatkan aliran darah ke otak. Karena ketiga kandungan tersebut mempengaruhi kognisi dan daya ingat menjadi lebih baik.

  1. Mencegah Diabetes

Salak pondoh  memiliki kandungan pterostilbene yang bisa membantu menurunkan glukosa dalam darah.  Kandungan tersebut isa membantu menyeimbangkan kadar gula darah agar terhindar dari diabetes,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *