Skincare Rutin Untuk Kulit Remajamu

Berbagai macam kegiatan remaja saat ini bisa menyebabkan tingkat kesehatan kulit mereka menurun jika tidak dirawat. Kebanyakan dari mereka, kegiatan sehari-harinya dilakukan di luar ruangan atau di luar rumah.

Ini dapat menyebabkan kulit mereka terpapar sinar matahari yang tentunya selain dapat membuat kulit mereka terlihat lebih gelap juga dapat menyebabkan kanker. Selain itu aktifitas yang mereka lakukan juga dapat membuat kulit mereka terkena polusi kendaraan, asap rokok dan debu yang akan menyebabkan kulit kusam dan berjerawat.

Skincare Rutin Setiap Hari Yang Wajib Dilakukan

pixabay.com

Beberapa skincare di bawah ini bisa digunakan untuk membantu merawat kulitmu agar tetap sehat.

Facial Wash

Facial wash atau sabun muka ini wajib banget dipunyai dan digunakan oleh remaja. Setelah kegiatan seharian yang kamu lakukan di luar dan di dalam ruangan dapat menyebabkan kulitmu terlihat kusam, berminyak dan kotor.

Membersihkan atau mencuci mukamu dengan facial wash ini dapat membantu membersihkan wajahmu secara maksimal dari kotoran yang menempel di wajah dibanding dengan membersihkan muka menggunakan air saja.

Membersihkan muka dengan air hanya akan memberikan kesan segar tapi tidak dengan bersih, kotoran dan minyak yang ada di wajah kamu tidak terangkat dengan baik.

Facial wash saat ini banyak banget variannya. Jadi gunakan lah facial wash yang sesuai dengan tipe kulit wajah kamu dan juga kebutuhan wajahmu ya. Salah satu produk facial wash terbaik saat ini adalah dari Lacoco Nasa dengan produknya Ultimate Golden Swallow Facial Foam

Pelembab atau Moisturizer

Sama seperti namanya, moisturizer ini mempunyai manfaat untuk melembabkan kulit dan menyegarkan kulit agar tampak sehat dan juga bercahaya. Penggunaan pelembab juga dapat melindungi kulit dari sinar UV yang dapat membuat kulit iritasi dan bahkan menyebabkan kanker kulit.

Menggunakan pelembab juga dapat mengurangi tanda penuaan dini. Dengan penggunaan atau pengaplikasian moisturizer yang rutin dan teratur, maka kamu dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada wajah. Penuaan dini dapat ditandai dengan adanya keriput, garis-garis pada sekitar mata atau beberapa bagian wajah, dan juga munculnya flek atau noda hitam pada wajah.

Selain itu, menggunakan moisturizer juga dapat mencegah alergi pada makeup. Apalagi jika kulitmu termasuk kulit yang sensitive saat terkena makeup. Menggunakan pelembab secara merata pada waja dapat mencegah terjadinya kontak langsung antara makeup dan kulit wajahmu yang dapat menimbulkan alergi hingga infeksi pada wajah.

Jadi, yuk  mulai sekarang di usia remajamu kamu harus rutin aplikasikan pelembab untuk menghindari resiko pada kulitmu.

Sunscreen

pixabay.com

Beberapa dari kalian mungkin bertanya-tanya atau masih bingung, apa sih bedanya sunscreen dan sunblock? Sunscreen dan sunblock itu sama saja, hanya penggunannya yang berbeda. Sunblock digunakan untuk badan sedangkan sunscreen digunakan khusus untuk wajah.

Sunscreen ini dilengkapi dengan SPF yang dapat melindungi kulit wajah dari terpaan sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan iritasi. Jadi, kulitmu akan tetap terlindungi meskipun kamu melakukan aktifitas di luar ruangan.

SPF sendiri punya berbagai tingkatan. Yang mana setiap tingkatan itu mempunyai kemampuan melindungi kulit dari sinar matahari dan sinar ultraviolet yang berbeda. Semakin tinggi tingkat SPFnya, semakin maksimal dan semakin lama pula sunscreen dapat melindungi wajahmu. Penggunaan sunscreen yang mengandung SPF ini dapat melindungi kulit sampai 8 jam.

Ada baiknya mengaplikasikan sunscreen sebelum kamu melakukan aktifitas di luar ruangan atau pagi hari sebelum pergi. Jangan lupa juga, meskipun sunscreen yang kamu pakai punya SPF yang tinggi, usahakan untuk mengaplikasikan ulang setiap beberapa jam sekali ya. Ini utnuk mendapatkan perlindungan yang maksimal untuk kulitmu.

Toner

pixabay.com

Bentuk dari toner sendiri itu cair, gunanya untuk membersihkan wajah. Saat melalukan aktifitas di luar ruangan seharian, kulitmu akan terlihat kusam dan kotor. Dengan menggunakan atau mengaplikasikan toner ini ke wajah maka kotoran dan debu yang ada pada wajah terangkat semua.

Selain itu penggunaan toner juga dapat di gunakan untuk membersihkan makeup yang menempel di wajah. Dengan menggunakan toner, selain untuk membersihkan wajah, juga berguna untuk membuat wajahmu terlihat lebih segar dan lembab. Penggunaan toner ini bisa diaplikasikan cukup sehari sekali saja. Misalkan pada malam hari atau sore hari atau bahkan pagi hari sebelum mengaplikasikan makeup pada wajah.

Masker

Perkembangan jenis masker saat ini sangatlah beragam. Mulai dari sheet mask, peel-of mask, exfoliatin mask, sleeping mask dan sebagainya. Penggunaan masker ini juga mempunyai beberapa manfaat, tergantung pada kandungan apa saja yang ada di dalam masker itu sendiri.

Ada masker yang berfungi untuk melembabkan kulit, mencegah jerawat, mengangkat sel kulit mati pada wajah, mencerahkan kulit dan sebagainya. Ada baiknya penggunaan masker tidak dilakukan setiap hari, Kamu bisa gunakan masker sesuai dengan kebutuham, misal dua atau tiga kali dalam seminggu.

Merk-merk masker saat ini banyak yang menawarkan masker dengan harga yang murah dan dengan kandungan yang bermacam macam, seperti ekstrak mutiara, spirulina, atau buah buahan. Jadi kalau kamu mau beli masker sesuaikan dengan kebutuhan wajahmu ya.

Itulah beberapa skincare rutin yang dapat kamu gunakan atau aplikasikan wajahmu. Pilihlah skincare yang memang dibutuhkan oleh wajahmu ya! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *