Mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang Harus Anda Ketahui

Ketika membahas masalah pekerjaan pastinya istilah K3 alias Keselamatan dan Kesehatan Kerja pasti bukanlah hal yang asing lagi. Pasalnya keberadaan K3 ini mempunyai  fungsi, kegunaan hingga manfaat yang begitu penting dalam dunia kerja terutama untuk karyawan baik yang bekerja di lapangan ataupun yang berkerja di office. Keberadaan K3 tidak kalah penting dengan adanya sertifikat ISO 9001 yang menjadi standar internasional pada sektor manajemen mutu. Tentunya K3 juga menjadi penting bagi sebuah perusahaan karena karyawan sendiri menjadi aset perusahaan yang mest terjaga  secara baik tidak hanya kesehatan pada pekerjaannya saja tetapi juga keselamatannya agar dapat berkarya didalam perusahaan. Apabila karyawan  dalam sebuah perusahaan  tidak terjamin keselamatan ataupun kesehatannya saat bekerja tentunya secara langsung akan merugikan perusahaan itu sendiri beserta karyawan. Maka dari itulah Anda harus menyimak dengan baik informasi mengenai K3 yang sangtlah penting tersebut.

Pengertian K3

Anda harus mengetahui pengertian dari K3 ini sebelum membahas lebih jauh mengenai hal penting tersebut.  Untuk memahami pengertiannya secara maksimal, pertama-tama harus dipahami secara terpisah mengenai apa itu keselamatan kerja dan kesehatan kerja.  Setelah Anda memahaminya akan lebih mudah mengetahui dan memahami dengan betul apa itu pengertian K3 secara benar.  Pertama adalah keselamatan kerja yang bisa diartikan sebagai usaha dari perusahaan dalam mencegah  karyawan yang dipunyainya terkena bahaya ataupun kecelakaan ketika tengah bekerja. Kaitan dari keselamatan kerja ini antara lain alat berat atau mesin kerja, lokasi pekerjaan, bahan yang digunakan, proses bekerja dan hal lainnya yang mampu mengancam karyawan ketika harus bekerja.

Sementara itu untuk pengertian dari kesehatan kerja ini sendiri berkaitan dengan hal-hal  seperti psikologis dan psikis dari karyawan.  Hal ini tentunya sangatlah wajar karena kesehatan fisik dari karyawanlah yang membuat mereka bisa bekerja dalam sebuah perusahaan dengan baik. Tidak jauh berbeda dengan kesehjatan psikologis atau mental dari karyawan yang mampu mempengaruhi kualitas kinerja karyawan.  Nah, dari dua pengertian keselamatan kerja dan kesehatan kerja tersebut, dapat disimpulkan bahwa K3 ini adalah sebuah upaya atau usaha yang dilakukan perusahaan dengan tujuan melindungi karyawannya  yang tengah bekerja dari resiko buruk pekerjaan dan menjaga kesehatan karyawan tersebut secara maksimal mengingat karyawanlah aset penting sebuah perusahaan.

Tujuan K3

Seperti yang sudah disebutkah sebelumnya bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ini mempunyai beberapa tujuan yang mampu menunjukan pentingnya hal tersebut. Adapun beberapa  tujuan  dari K3 yang harus Anda ketahui  adalah sebagai berikut:

  1. Mencegah Terjadinya Resiko Bahaya yang Mengancam Karyawan

Tujuan pertama dari  K3 dalam perusahaan yang harus Anda ketahui adalah mampu mencegah terjadinya resiko bahaya besar yang mampu mengancam karyawan. Baik mau karyawan yang bekerja didalam kantor ataupun di lapangan pasti ada resiko bahaya seperti kecelakaan yang sangatlah mungkin terjadi didalam dunia pekerjaan.  Kecelakaan tersebut tentu saja akan berdampak buruk langsung pada perusahaan. Maka dari itulah untuk mencegah terjadinya resiko bahaya seperti kecelakaan tersebut sebuah perusahaan harus menerapkan prosedur K3 yang baik.

  1. Melindungi Karyawan

Tanpa adanya karyawan dalam sebuah perusahaan tidak mungkin perusahaan tersebut akan mampu beroperasi atau berjalan dengan baik.  Oleh karena alasan tersebut mampu menjadikan  karyawan menjadi aset penting yang mesti selalu dilindungi oleh perusahaan baik keselamatan maupun kesehatannya ketika bekerja.

  1. Meningkatkan dan Menjaga Efektivitas Organisasi

Saat seluruh karyawan didalam perusahaan sudah mampu terjamin keselamatan maupun kesehatan kerjanya, maka perusahaan  tanpa harus kesulitan bisa meningkatkan dan menjaga efektivitas organisasi. Bagaimana tidak, pasalnya memang setiap karyawannya sudah mampu bekerja dengan baik dan optimal oleh karena hal tersebut.

Fungsi K3

Hal berikutnya yang harus Anda ketahui untuk mengenal Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara maksimal adalah fungsinya. Berikut adalah beberapa fungsi penting dari keberadaan K3 yang harus Anda ketahui:

  1. Mengidentifikasi dan Menilai Resiko Bahaya Kesehatan Kerja  Serta Memberi Anjuran

Fungsi pertama dari K3 yang harus Anda ketahui adalah untuk mengidentifikasi dan menilai resiko bahaya kesehatan dalam kerja teurtama di lokasi pekerjaan yang ditempati oleh karyawan. Dari fungsi yang satu ini akan ditemui beberapa pencegahan atau anjuran pada rencana pengorganisasian praktek kerja yang dilakukan oleh karyawan  seperti halnya desain tempat kerja.

  1. Mengedukasi

Salah satu fungsi dari K3 yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah fungsinya dalam mengedukasi.  Tentunya memberikan edukasi bagi karyawan maupun secara tidak langsung bagi  perusahaan dalam bidang K3.  Misalnya saja dengan memberikan info, anjuran hingga presentasi  mengenai K3 dan APD.

  1. Memonitor Kesehatan Karyawan

Karyawan adalah aset penting bagi perusahaan  sehingga memonitor kesehatan dari karyawan  menjadi fungsi yang sangatlah penting. Dengan begitu karyawan dapat bekerja dengan maksimal nantinya karyawa kesehatannya yang termonitor dengan baik.

  1. Turut Andil dalam Sistem Rehabilitas Pekerja yang Pernah Mengalami Kecelakaan Kerja

Resiko untuk mengalami kecelakaan  ketika bekerja tentu sangatlah besar dan tidak jarang hal tersebut sering terjadi. Disini K3 berperan untuk memberikan rehabilitasi pekera yang sebelumnya pernahmengalami kecelakaan kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *