Mengenal Jenis dan Harga Kurma California

Mendengar kata California, apa yang terbayang di dalam pikiran kalian teman-teman? Amerika Serikat? Sama dong. Siapa sangka buah kurma hanya dapat lahir dari negara padang pasir Arab saja?

Ternyata California juga merupakan salah satu daerah penghasil buah kurma yang lumayan lho! Meski pada mulanya orang belum tahu banyak mengenai kurma California, ternyata buah kurma memang tidak melulu selalu dari Arab saja, ya!

Buah kurma dari California ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru di mata kita. Namun, bagi yang baru mendengarnya pasti akan sangat terkejut dan penasaran dengan buah kurma ini.

Harga

pixabay.com

Untuk harga sendiri, tentu buah kurma asal California Amerika serikat ini jauh lebih mahal dari buah kurma biasanya. Dalam per satuan kilogram, kurma California dibandrol dengan harga 200 ribuan. Dulu, pada awal-awal munculnya buah ini masyarakat sangat penasaran dengan rasanya.

Sebab harganya yng mahal inilah semakin ke sini semakin minim peminat buah kurma California. Namun, meskipun harganya yang mahal inilah bisa dipastikan kamu akan memperoleh kemiringan harga jika membeli langsung di tempat grosir kurma. Sehingga selain lebih murah, kamu juga akan mendapat jumlah buah ynag lebih banyak dari pada di pedagang-pedagang biasanya.

Ciri fisik kurma California

Jika kita bandingkan dengan kurma-kurma asal Mesir, Turki, Emirat, atau Mekah, kurma dari California ini sebenarnya mmiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari kurma-kurma asal Timur tengah. Bisa dikatakan kurma California ini berukuran jumbo sehingga memang pas dipatok dengan harga yang mahal.

Selain itu, teksturnya yang agak sedikit kering pada bagian luarnya memberikan kesan renyah seperti kurma ruthab asal daerah Mekah. Namun tahukah kamu jika sebenarnya kurma California ini juga tersedia beberapa ukuran? Ya, di antara ukuran-ukuran tersebut ada yang jumbo seperti palm, large, fancy dan extra fancy. So, kamu bisa memilih sesuai selera kamu ya!

Asal muasal buah kurma Calofornia

Di balik tumbuh suksesnya buah California yang juga merambah ke berbagai pasaran dunia, buah kurma California ternyata buah ini berasal dari daerah Amerika Serikat, yaitu sebuah kebun kurma yang bernama China Ranch.

Kebun kurma ini terletak di sebuah oase gurun yang mana oase gurun tersebut dijuluki Lembah Kematian (Death Valley). Jadi, lembah kematian ini konon merupakan salah satu tempat yang dijadikan sebagai bahan percobaan untuk peledakan bom atom pada kisaran tahun 1945.

Karena tempatnya yang kering tanduns serta paling bawah inilah makanya Amerika Serikat pernah menduduki di urutan 17 daerah penghasil kurma terbesar sedunia.

pixabay.com

Pada dasarnya, jika kita tidak memahami ciri-ciri tentang kurma walaupun sedikit saja akan membuat kita tidak mengerti apa nama kurma tersebut, bagaimana ciri-cirinya dan berapa rupa harganya. Selain itu, pada setiap kurma yang berasal dari daerah yang berbeda juga cenderung memiliki ciri fisik yang berbeda pula.

Seperti kulitnya entah lebih kering, buahnya yang lebih tebal atau bijinya yang lebih kecil, atau bisa pula warnanya yang entah cenderung hitam kecokelatan atau keemasan atau kehitaman atau kekuningan.

Selain itu, ubtuk setiap rasa jenis kurma pula rasanya berbeda-beda. Misal, semacam ada rasa kurma yang lebih manis, tidak terlalu manis, bahkan lain-lain. Untuk cara mendapatkan buah kurma itu sendiri pun beda-beda. Kamu bisa mendapatkannya dengan cara offline, online atau membeli langsung ketika masih buahnya di pohon.

Untuk yang offline, misalnya. Kamu bisa membeli langsung di tempat penjual buahnya. Tidak harus melulu ke mekah, di Indonesia juga banyak yang jual kurma. Namun, jika kamu habis beribadah di tanah suci Mekah, ada baiknya jika kamu merasa ada sensasi yang berbeda jika kamu membelinya langsung dri sana, bukan?

Sementara untuk yang online, kamu dapat membelinya melalui berbagai website resmi jual beli kurma atau jika kamu lihat di form jual beli semacam shopee, tokopedia, dan buka lapak juga menyediakan priduk buah yang satu ini.

Intinya selama kamu memiliki media yang bisa online, selama itu pula kamu dapat membeli buah melalui ponsel atau laptop dengan hanya satu kali klik. Masalah pembayaran dapat kamu lakukan melauli transaksi e-banking atau di minimarket terdekat dengan menyertakan nomor tertentu.

Lalu, jika kamu membelinya langsung dari pohonnya maka kamu harus mendatangi kebun dan pemiliknya. Nah. Biasanya petani kurma ini terdapat di daerah-daerah gurin pasir seperti Arab, Mesir. Amerika serika dan lain sebagainya.

So, bagaimana? Mudah bukan? Ya, sangat mudah untuk mendapatkan buah kurma. Di Indonesia pula banyak toko oleh-oleh haji yang menjual buah ini. Dari mulai kemasannya yang menarik, hingga pernak-pernik lainnya bisa kamu dapatkan sekalian sepaket.

Bagaimana? Tertarik membelinya? Sudah siap berburu kurma? Sebelum membeli, ingat pula ciri-ciri dan harganya serta jangan sampai kamu tertipu yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *