Kabupaten Kampar

Kabupaten Kampar, yang dijuluki Bumi Sarimadu dan Serambi mekah ini terletak di Propinsi Riau. Salah satu wilayah terluas di Riau ini mulanya masuk dalam wilayah Propinsi Sumatera Tengah dengan ibuota Bangkinang. Lalu dada perkembanganya, dimasukan pada wilayah Provinsi Riau berdasarkan Undang-Undang Darurat Nomor 19 Tahun 19657 dan Undang-Undang Nomor 61 tahun 1958.

Tentang Kabupaten Kampar

Luas Wilayah

Kabupaten Kampar terdiri dari 242 desa, 8 Kelurahan dan 21 Kecamatan. Luas wilayahnya yakni 10.928,20 Km2 dengan penduduk sebanyak 688.204 jiwa pada tahun 2017.  Ada banyak potensi ekonomi yang bisa dikembangkan disana, seperti perikanan dan pertanian.

Komoditas

Sebagian besar masyarakat Kampar (67.22%) bekerja pada beberapa sektor seperti pertanian, kehutanan dan perkebunan. Di sektor pertanian, beberapa komoditas sepperti sawit dan karet sangat bagus untuk dibudidaya.

Untuk Perkebunan, khusus perkebunan sawit, Kabupaten ini menyediakan lahan cukup luas yakni 241,5 ribu hektare dengan potensi CPO/Crude palm oil sebanyak 966 ribu ton. Sedangkan untuk sektor perikanan, Kabupaten ini mengembangkan budidaya ikan patin dengan teknik keramba.

Di sepanjang sungai di kabupaten kampar, banyak dijumpai keramba keramba budidaya ikan patin. Pemkab berencana menjadikan Kampar sebagai sentra ikan patin. Untuk mencapai tujuan tersebut, Pemkab telah menggandeng sebuah perusahaan dan telah menginvestasikan sebanyak 30 miliar.

Pariwisata

kabupetan Kampar terkenal dengan candi Muara takus, sebuah peninggalan bersejarah yang sudah ada sejak jaman kerajaan Sriwijaya. Candi ini tidak hanya populer, tetapi juga menjadi destinasi religi bagi umat Budha.

Candi muara takus nampak indah, dan memberi kesan sakral dikelilingi tembok ukuran 74 x 74 meter. Pada bagian luar juga terdapat tembok berbahan tanah dengan ukuran 1,5 x 1,5 kilometer. Pada kompleks candi, terdapat beberapa candi antara lain, candi pangkalan, candi bungsu dan mahligai Stupa yang melengkapi sakralitas banguanan tua ini. Lokasi candi Muara Takus berada di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. Bagi pecinta sejarah, anda perlu mengunjungi candi Muara Takus.

Selain itu, Kabupaten kampar juga memiliki destinasi  menarik lainya, yang bisa dijadikan sebagai wisata religi dan wisata sejarah. Yakni Masjid jami, lokasinya berada di Tanjung Berulak, Pasar Kusang Kecamatan Kampar. Masjid Jami dibangun pada tahun 1901 Masehi, merupakan masjid tertua di Sumatera.  Masih banyak destinasi yang bisa dijadikan tempat liburan di kampar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *