Mengenal Lebih Dekat Bisnis Franchise

bisnis yang saat ini berkembang semakin luas dan juga lebar. Jika sebelumnya bisnis retail menjadi bisnis yang juga menguntungkan, kini hadir bisnis Waralaba yang tak kalah mengiurkan. Peluang dan keuntungan yang ditawarkan juga tak main main sehingga banyak orang yang mulai bergabung dalam usaha ini. Namun, sudahkah anda mengenal lebih jauh bisnis Franchise adalah sebuah sistem bisnis yang terikat dengan perjanjian tertentu. Simak ulasannya berikut.

 Berkenalan Dengan Bisnis Waralaba Yang Sedang Naik Daun

Pengertian Waralaba

Waralaba atau Franchise merupakan hubungan antara dua pihak dimana salah satu pihaknya akan diberikan hak untuk mengunakan dan memanfaatkan HAKI. Dengan kata lain bisnis tersebut mengunakan nama atau merk dagang yang telah ada. Bahkan juga sudah termasuk bahan dari bisnis yang telah ada tersebut. Bisnis ini banyak kita temui misalnya McD, KFC, Pizza Hut dan lain sebagainya. Merk tersebut sudah banyak dikenal oleh masyarakat.

Tidak hanya nama yang bisa digunakan, sistem kerja yang dimiliki juga bisa digunakan oleh penguna waralaba. Sehingga tidak perlu lagi membuat aturan sendiri yang belum jelas berhasil atau tidaknya. Meskipun demikian dalam perjalanannya pemilik bisa memiliki otoritas penuh untuk mengelola bisnis waralaba ini. Kata lain untuk mengambar bisnis franchise adalah bisnis yang instan dan cepat karena tidak perlu melakukan hal yang ribet.

pxhere.com

Peluang Waralaba

Secara umum bisnis waralaba digunakan untuk memperluas serta mendistribusikan jasa atau barang dengan lisensi dagang yang telah ada. Pemegang waralaba akan membayarka sejumlah dana yang digunakan sebagai dana awal dan membayar royalti pada pihak franchisor. Royalti itu meliputi merk dagang, sistem, logo dan juga hak untuk menjual produk atau jasa dan juga mendapatkan dukungan dari franchisor.

Terdapat dua bentuk bisnis waralaba yakni pemilik franchise menjual dan melisensikan hak untuk mengunakan merk tertentu dengan produk yang sama. Jadi anda hanya menjual produk yang sama namun bisa anda beri label sendiri. Untuk jenis yang kedua pemilik franchise menyediakan layanan serta memberi dukungan manajemen pada anda. Namun yang banyak digunakan adalah franchise yang mengabungkan keduanya.

Keuntungan Bisnis Waralaba

Keuntungan yang pertama franchise adalah bisa memulai bisnis dengan cepat dan praktis dibandingkan dengan usaha perorangan. Sebab waralaba sudah memiliki model bisnis dan biasanya ada panduan khusus memulai bisnis yang bisa anda gunakan. Anda tidak perlu lagi mengunakan model bisnis sendiri yang belum teruji akan membuat anda sukse. Sementara yang dimiliki oleh bisnis ini telah terbukti sukses dengan banyaknya cabang dan mitra yang dimiliki.

Bahkan anda juga tidak perlu mencari bahan terbaik, membuat menu, memikirkan proses jika anda berjualan produk dalam bisnis ini. Hal ini tentu akan membuat anda lebih cepayt untuk membuka usaha lantaran tidak membutuhkan perencaan yang memakan banyak waktu. Apabila anda ingin segera membuka usaha maka usaha waralaba menjadi jawaban dan solusi untuk anda. Usaha instan namun cukup menjanjikan dan memeliki peluang yang luas.

pxhere.com

Tidak hanya memiliki sistem yang jelas, anda juga akan mendapatkan pelatihan dan dukungan dari manajemen perusahaan waralaba. Waralaba adalah sebuah bisnis yang berjalan dengan sebuah tim. Sehingga  untuk meningkatkan atau mempertahanakan binis maka perusahaan waralaba akan memberikan solusi dan terobosan. Ini dilakukan agar semua toko waralaba beroperasi sesuai dengan standar yang telah mereka tentukan.

Keuntungan kedua franchise adalah adanya pelatihan karyawan atau anda sehingga bisa mengelola usaha dengan baik. Mereka jelas akan dibekali dengan ketrampilan yang membuat anda tidak perlu lagi melatihnya. Tidak hanya itu anda juga akan mendapatkan dukungan manajemen terkait teknis, kendala, mengelola keuangan hingga cara memajemen karyawan. Sehingga anda tidak perlu takut atau malu untuk bertanya demi kesuksesan anda.

Selain menyiapkan modal, anda juga harus memilih lokasi yang strategis agar usaha yang anda jalankan berjalan dengan baik. Untuk itu perusahaan waralaba akan membantu anda untuk mendapatkan lokasi yang startegis untuk meningkatkan omset. Sehingga anda tidak lagi perlu khawatir dalam menentukan lokasi karena mereka telah melakukan riset riset lokasi mana yang sangat prospek. Anda patut bersyukur atas keuntungan yang satu ini.

Merknya yang telah terkenal menjadi keuntungan yang selanjutnya. Usaha Franchise adalah usaha yang telah memiliki merk dagang terkenal dan ternama. Karena merknya yang telah diakui akan membuat anda mendapatkan banyak kemudahan dibandingkan dengan usaha sendiri. Masyarakat tidak akan menaruh keraguan terhadap produk anda karena telah banyak dijual dan memiliki citra yang bagus.

pxhere.com

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Selain mendapatkan banyak keuntungan ada hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda memulai usaha bisnis waralaba. Salah satunya adalah memilih waralaba yang sesuai dengan minat dan kemampuan anda. Dengan memilih sesuai dengan minat dan kemampuan akan membuat anda semangat dalam meningkatkan bisnis anda. anda juga bisa belajar dengan penuh kegembiraan karena berkaitan dengan minat dan anda mampu untuk menjalankannya.

Saat anda telah memutuskan sebuah usaha waralaba anda juga harus memperhatikan isi dari perjanjian yang kalian sepakati. Jangan sampai sistem yang dimiliki justru memberikan anda kerugian dibandingkan dengan keuntungan. Tidak masalah jika anda banyak tanya karena jika tidak mengerti bisa memicu kesalahpahaman. Kesalahpahamanan ini juga bisa mengiring anda pada kerugian yang jelas tidak masuk dalam harapan anda.

Hal yang harus diperhatikan dalam franchise adalah tidak mudah tergoda dengan produk yang sedang tren. Banyak sekali waralaba yang memiliki produk yang menjadi tren atu sedang naik daun. Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan namun anda juga bisa terjeremus. Penting untuk melihat jika tren tersebut tidak cepat hilang dari peredaran. Karena meskipun pihak waralaba memberi dukungan namun kesuksesan berada dalam genggaman anda sendiri.

Pengusaha pemula sangat cocok untuk memulai usaha waralaba ini lantaran memiliki resiko yang lebih rendah. Sehingga para pemula bisa belajar mengetahui sistem bisnis yang bagus sebelum dia berjuang untuk membangun bisnisnya sendiri. Namun tidak semua usaha waralaba sukses dan menghasilkan keuntungan yang berlipat. Jika anda tidak bisa berkomitmen dengan sistem akan membuat anda membahayakan bisnis yang anda rintis tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *