Menilik Kesuksesan Danar Hadi Melalui Museum Batik Danar Hadi

Batik Danar Hadi sudah begitu melegenda di kalangan pecinta batik tanah air. Koleksi batiknya yang sudah bertahun-tahun merajai pasar batik Indonesia menjadi saksi bisu kesuksesan produk batik tersebut.

Bahkan kain batik dengan merk Danar Hadi sudah mampu meraih penghargaan yang diberikan oleh pemerintah yaitu sebagai merk dengan kain batik terbanyak di Indonesia.

Brand batik yang bernama Danar Hadi ini sudah mampu menembus pasar batik internasional. Terbukti dari berbagai produknya yang telah merambah pasaran batik luar negeri.

Batik tersebut telah diakui sebagai produk batik modern yang paling berpengaruh di Indonesia. Pencapaian itupun bisa anda lihat di Museum Danar Hadi yang da di kota Solo.

Table of Contents

Mengunjungi Museum Batik Danar Hadi

pixabay.com

Salah satu merk batik paling berpengaruh di Indonesia, Danar Hadi, bisa anda saksikan sejarah kesuksesannya di museum resminya yang bertajuk Museum Danar Hadi.

Museum ini berdiri kokoh di Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 261 Surakarta. Banyak transportasi umum yang bisa anda gunakan untuk bisa mencapai museum ini dengan mudah.

Apabila anda berkunjung ke museum tersebut, anda bisa melihat bentuk museum yang menyatu dengan bagian toko pusat batik bermerk Danar Hadi tersebut. Harga tiket masuk yang harus anda bayarkan untuk bisa masuk ke dalam museum ini pun cukup murah, yaitu sekitar IDR 15.000 untuk para pelajar dan mahasiswa, serta IDR 35.000 untuk kalangan umum.

Ketika anda telah masuk ke bagian dalam museum, anda akan didampingi oleh pemandu yang bertugas menjelaskan keterangan yang ada di dalam museum. Pemandu ini juga akan memberitahu anda bahwa ada larangan untuk memotret bagian dalam museum kecuali yang telah diperbolehkan. Larangan ini dilakukan agar eksklusifitas produk Danar Hadi terjaga.

Apabila anda menelusuri keseluruhan ruangan yang ada di dalam museum ini, anda akan menjumpai 11 buah ruangan. Semua ruangan ini digunakan sebagai ruang penyimpanan alat-alat untuk membatik serta koleksi batik Danar Hadi yang telah mendunia. Ketika mengelilingi ruangan para pemandu juga akan bercerita mengenai sejarah batik di Indonesia.

Di dalam ruangan –ruangan yang akan anda kunjungi, anda bisa melihat berbagai koleksi batik dari berbagai wilayah di Indonesia. ada batik khas Solo yang identik dengan warna gelap, ada batik Yogyakarta yang identik dengan kemewahan kaum bangsawan, serta batik-batik Cina dan Belanda yang ada di Indonesia.

Selain berbagai koleksi batik tersebut, anda bisa juga melihat koleksi batik dari mancanegara serta batik oleh-oleh dari luar negeri yang dihibahkan oleh kolega pemilik museum tersebut. Dan jika kunjungan anda kurang dari pukul 3 sore, anda masih bisa menyaksikan proses pembuatan batik yang ada di belakang museum.

Pemerintah kota Solo memang melarang pemberlakuan operasi bagi pabrik yang ada di tengah kota. Semua pabrik yang ada di daerah perkotaan termasuk pabrik batik Danar Hadi yang sebelumnya memiliki kegiatan operasi menyatu dengan museum batik Danar Hadi memindahkan kegiatan operasinya menuju daerah lain.

Pabrik Danar Hadi pun dipindahkan ke lokasi yang berada di pinggiran kota Solo agar tidak mengganggu kegiatan yang ada di pusat kota.

Keunggulan batik Danar Hadi

pixabay.com

Batik Danar hadi memang sudah  bertahun-tahun dikenal sebagai produk batik berkualitas yang mampu menembus pasar batik nasional dan bahkan internasional. Namun dibalik kesuksesannya, terdapat sepak terjang yang begitu jelas terekam di dalam bangunan museum batik Danar Hadi. Museum ini seolah menggambarkan semua suka duka ketika produk batik ini menembus pasar batik nasional.

Di antara produk batik lainnya, produk batik Danar Hadi memang terkesan elegan. Dengan pihan warna yang kalem dan juga bernai, produk batik ini memadukan pilihan warna tersebut dengan motif-motif pilihan. Sehingga orang yang memakainya pun terlihat begitu percaya diri.

Kain yang digunakan oleh Danar Hadi pun bukan main. Kain batik yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian pun terbuat dari kain yang berkualitas. Anda bisa melihat perbedaan kain batik Danar Hadi dengan batik lainnya hanya dengan menyentuhnya. Selain itu, koleksi batik dari Danar Hadi bisa terlihat begitu elegan walau kita memandangnya dari kejauhan.

Banyak pakar batik tanah air yang kagum akan keindahan koleksi batik dari Danar Hadi. Batik ini begitu lama menerjang persaingan batik di tanah air yang cukup ketat dan masih mampu menjadi pelopor batik trendy di Indonesia. dengan mempertahankan kearifan lokal batik Indonesia yang kemudian digabungkan dengan konsep pakaian modern di era milenial.

Dan pada akhirnya, batik Danar Hadi selalu mendapat perhatian dari para pecinta batik tanah air. Hal ini tentu saja membuat batik ini cukup terkenal dan mampu mengangkat nama Indonesia di kancah internasional dengan karya-karya batiknya yang luar biasa. Anda pun bisa menjumpai koleksi batik dari Danar Hadi di berbagai outlet batik di seluruh wilayah Indonesia.

Kita sebagai warga Indonesia harus turut membantu melestarikan warisan budaya tak benda kebanggaan Indonesia ini. Dengan begitu, warisan berupa kain batik akan selalu menjadi primadona dan semakin mendunia.

Scroll to Top