Pengertian Dan Ketentuan Wajib Zakat Rikaz (Harta Terpendam)

Kehidupan manusia sudah berlanjut mungkin sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Dimana manusia sudah ada jauh sebelum islam datang. Selain itu dikisahkan pada umat nabi terdahulu ada yang ditimpa azab karena tidak menerima seruan dari utusan Allah.

Dengan adanya azab berupa bencana sudah pasti akan ada harta yang terpendam. Selain itu tentunya Anda pernah mendengar tentang kisah orang yang paling kikir dan sombong adalah qorun. Dimana qorun ditenggelamkan dalam bumi dengan seluruh hartanya. Nah berdasarkan kisah tersebut, jika ada harta yang terpendam didalam tanah disebut dengan sebutan harta karun. Penemuan harta karun ini dalam islam disebut rikaz.

Pengertian Rikaz (Harta terpendam Atau Harta Karun)

Apa itu rikaz? Rikaz merupakan harta yang terpendam dari zaman jahiliyah yaitu berupa emas dan juga perak. Setiap orang yang menemukan rikaz maka wajib mengeluarkan zakat atas harta karun yang ditemukan.

Selain itu zakat untuk harta rikaz diserahkan kepada pemerintah atau negara. Satu hal yang harus diperhatikan bahwa ketentuan nishab dari rikaz sesuai dengan jumlah emas atau perak barang tambang. Berapa zakat yang harus dikeluarkan? Apakah sama dengan jumlah zakat pada barang tambang?

Jumlah zakat yang harus dikeluarkan berbeda dengan yang berlaku pada emas dan perak dari hasil tambang. Untuk harta rikaz ketentuan jumlah zakat yang wajib dikeluarkan sebesar 20 persen atau seperlima dari harta yang diperoleh.

Ketika menemukan harta karun, maka zakat wajib langsung dikeluarkan. Dimana pada zakat rikaz tidak berlaku haul atau harus menunggu satu tahun. Sehingga ketika Anda menemukan harta karun segeralah untuk menyerahkan zakatnya kepada pemerintah.

Jika Anda ingin belajar lebih dalam tentang zakat dan hukum-hukum islam maka https://hasana.id/ adalah situs yang paling tepat untuk Anda kunjungi. Situs tersebut membahas semua hal tentang islam mulai dari tokoh ulama, hadis, fikih dan masih banyak lagi.

Ketentuan-ketentuan Wajib Zakat Rikaz atau Harta Terpendam

Ketentuan wajib zakat rikaz ini sangat penting untuk dipelajari terutama bagi umat muslim dan muslim yang tinggal diwilayah yang kaya akan kisah sejarah atau peradaban. Dimana zakat rikaz wajib jika memenuhi ketentuan sebagai berikut ini:

  • harta karun berada di tempat atau tanah milik pribadi

ketentuan pertama yang harus diperhatikan sehingga berlaku wajib untuk dikeluarkannya zakat rikaz adalah harta karun didapat dari tanah atau tempat milik pribadi. Bagaimana jika ditemukan di tempat orang? banyak perbedaan untuk kasus ini, jika ditemukan ditempat orang maka bisa berlaku zakat barang temuan atau bahkan harus dikembalikan ke pemiliknya.

  • Berkembang dan mencapai nishab

Ketentuan selanjutnya wajib dikeluarkan zakat rikaz yaitu apabila harta yang ditemukan dapat berkembang atau mempunyai peluang untuk berkembang. Selain itu harus mencapai nishab, dimana nishabnya sama seperti emas dan perak pada barang tambang.